ABTI Bukittinggi Sosialisasikan Olahraga Bola Tangan yang Masih Tergolong Baru

Ketua Umum ABTI Bukittinggi Dessy Andriani (kiri) saat menyambut atlet ABTI Bukittinggi pulang dari PON Papua
Ketua Umum ABTI Bukittinggi Dessy Andriani (kiri) saat menyambut atlet ABTI Bukittinggi pulang dari PON Papua (Istimewa)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Pengurus Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Bukittinggi melakukan pertemuan dengan atlet Bola Tangan untuk menggencarkan sosialiasi Bola Tangan yang saat ini masih tergolong olahraga baru di Kota Bukittinggi .

Ketua Umum ABTI Bukittinggi Dessy Andriani menyebut, ABTI Bukittinggi nantinya akan melakukan berbagai sosialisi di tengah masyarakat dengan melibatkan para atlet seperti Irfan Oktavianus, agar olahraga ini nantinya bisa jadi familiar dan nantinya diharapkan bisa masuk dalam kurikulum sekolah.

baca juga: Jelang Liga 3 Nasional, PSKB Bukittinggi Datangkan Mantan Pelatih Fisik Timnas

"Sosialisasi ini dilakukan ke berbagai unsur masyarakat, terutama di kalangan guru dan pelajar, agar nantinya olahraga ini banyak diminati dan bisa mengikuti Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Sumbar," ulas Dessy Andriani yang didampingi Sekretaris Yullya Sonatha, Minggu 28 November 2021.

Dessy Andriani menyebut, untuk saat ini ABTI Bukittinggi menargetkan dua medali emas pada Porprov Sumbar, masing-masingnya untuk tim putra dan tim putri.

baca juga: Suku Guci Bukittinggi Helat Acara Batagak Pangulu Datuak Nan Rambai

Dessy Andriani sangat optimis target dua emas itu bisa tercapai, mengingat ada dua atlet ABTI Bukittinggi pernah mengikuti seleksi Sea Games di Jakarta.

"Pada PON (Pekan Olahraga Nasional) di Papua kemarin, dua atlet dari ABTI Bukittinggi juga diturunkan," katanya.

baca juga: Ingin Melarikan Diri dari Sergapan Polisi Bukittinggi, Pelaku Kasus Narkoba Panjat Tembok Rumah

Dessy menjelaskan, ABTI Bukittinggi akan terus menjaring bibit atlet berbakat yang nantinya diharapkan bisa mengharumkan Kota Bukittinggi , serta Sumbar pada umumnya.

Untuk diketahui, olahraga Bola Tangan atau Handball merupakan salah satu olahraga yang mirip dengan olahraga Futsal. Bedanya, Futsal dimainkan dengan kaki, sementara Bola Tangan dimainkan dengan tangan. Jadi, dalam permainan Bola Tangan, untuk mengoper bola, memantulkan bola dan memasukan bola ke dalam gawang dilakukan dengan tangan pemain.

baca juga: Aktivitas Gunung Marapi Sumbar Terkini, Terjadi Dua Kali Hembusan

Bola Tangan ini merupakan olahraga beregu, yang masing-masing regunya berjumlah 7 orang (6 pemain dan 1 penjaga gawang).

Untuk di Sumbar dan Kota Bukittinggi pada khususnya, olahraga Bola Tangan ini masih tergolong baru. Bahkan untuk kepengurusan ABTI Bukittinggi baru terbentuk pada November 2020 yang lalu.

Dalam Musyawarah Kota Cabor ABTI yang digelar pada minggu awal November 2020 yang lalu, Dessy Andriani terpilih secara aklmasi sebagai Ketua Umum ABTI Bukittinggi periode 2020-2024.

Editor: Haswandi