Jika Berhasil Jadi Juara Dunia MotoGP, Quartararo Akan Susul Prestasi 15 Pembalap Hebat Ini

Fabio Quartararo
Fabio Quartararo (Net)

KLIKPOSITIF - Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) mendapatkan match point Kejuaraan Dunia pertamanya di Gran Premio Nolan del Made in Italy e dell'Emilia-Romagna yang akan datang, dan jika pembalap Prancis itu dapat mengklaim mahkota, dia akan bergabung dengan 15- klub pengendara.

El Diablo menarik perhatian dunia balap motor ketika ia menjadi Juara Dunia Junior FIM CEV Moto3 ganda pada tahun 2013 dan 2014. Tidak mengherankan ketika ia melakukan debut Grand Prix pada tahun 2015 dengan harapan yang tinggi. Namun, gelar di Moto3 dan Moto2 tidak pernah membuahkan hasil sebelum Quartararo pindah ke MotoGP pada 2019 bersama Petronas Yamaha SRT.

baca juga: 800 Gol Cristiano Ronaldo

Wajar untuk mengatakan bahwa Quartararo turun ke kelas utama seperti bebek ke air. Dan kini, pada 2021, pebalap berusia 22 tahun itu hampir saja merebut gelar MotoGP. Jika Quartararo mampu menangkis saingan gelar Francesco Bagania (Ducati Lenovo Team) di Valencia, dia akan menjadi pebalap ke-16 yang mengklaim mahkota kelas utama tanpa memenangkan gelar di kelas ringan atau menengah.

Bahkan, Quartararo berpeluang menjadi pebalap Eropa pertama yang melakukan hal itu sejak Franco Uncini pada 1982. Tiga pebalap terakhir yang memenangi Kejuaraan Dunia MotoGP -- Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar), Marc Marquez (Tim Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo -- semuanya telah memenangkan setidaknya satu gelar saat menaiki tangga ke puncak.

baca juga: Bola Tadi Malam: Arsenal Tumbang, Lazio VS Udinese Hujan Gol

Namun, seperti yang kita ketahui, tidak ada cara yang pasti untuk menjadi Juara Dunia MotoGP. Casey Stoner dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu pebalap terhebat yang pernah menghiasi olahraga ini, tetapi pebalap Australia itu tidak pernah memenangkan gelar 125cc atau 250cc. MotoGP King 2006, mendiang Nicky Hayden yang hebat, bahkan tidak membalap di kelas bawah dalam perjalanannya untuk menjadi pemenang gelar yang sangat dipuja.

Kenny Roberts Jr dan ayahnya Kenny Roberts adalah dua Legenda MotoGP lainnya di klub itu, seperti juga sesama Legenda Mick Doohan , Kevin Schwantz, Wayne Rainey, Eddie Lawson , Wayne Gardner, Freddie Spencer, Uncini, Marco Lucchinelli, dan Barry Sheene. Juara Dunia 500cc 1957 Libero Liberati dan Juara Dunia ganda Umberto Masetti (1950 & 1952) adalah dua nama lainnya dalam daftar.

baca juga: Mike Tyson Diminta Jadi Duta Ganja Oleh Malawi

Jadi, apakah Quartararo akan menambahkan namanya ke daftar Juara Dunia itu? Waktu akan menjawab.

Editor: Eko Fajri