Ban Mobil Max Verstappen Pecah, Pirelli: Terlalu Dini Memahami Apa yang Terjadi pada Ban

.
. (AFP)

KLIKPOSITIF - Bos Pirelli Mario Isola mengatakan penyelidikan awal oleh pemasok ban F1 menunjukkan puing-puing mungkin telah menyebabkan kegagalan ban pada mobil Max Verstappen dan Lance Stroll yang membuat kedua pembalap terlempar keluar dari GP Azerbaijan.

Dilansir dari Skysports.com, Isola mengatakan analisis lengkap dari ban yang gagal akan dilakukan di markas Pirelli di Italia dalam minggu mendatang sebelum mereka tahu pasti apa yang terjadi.

baca juga: Musdalub HapKido Sumbar, Risnaldi Ibrahim Terpilih Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Dia juga mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan luka pada ban kiri belakang Lewis Hamilton juga dari tugas yang sama dengan dua kecelakaan.

Berbicara kepada Sky Germany setelah balapan di Baku, Isola berkata: "Masih terlalu dini untuk memahami apa yang terjadi pada ban. Kami menunggu ban kembali ke area pemasangan untuk menganalisisnya, tetapi kami mungkin perlu mengirimkannya ke Milan.

baca juga: 30.000 Orang Diprediksi Hadiri Pembukaan dan Penutupan PON XX, Ini Persiapan Pemerintah

"Penyelidikan pertama menunjukkan puing-puing karena kiri belakang bukan ban yang paling tertekan di sirkuit ini. Ini kanan belakang; jika kita berbicara tentang keausan, itu adalah kanan depan.

"Jadi ini dalam posisi yang tidak menunjukkan sesuatu yang istimewa pada ban.

baca juga: Tergabung di Grub B FIFAe Nations Cup 2021, Ini Kata Ketum PSSI

"Poin lainnya adalah kami menemukan potongan lain pada ban kiri belakang dari mobil lain yang untungnya tidak memotong konstruksi. Itu adalah kiri belakang dari Lewis, yang jelas merupakan potongan dari puing-puing.

"Poin lainnya adalah bahwa jelas kedua kegagalan terjadi kurang lebih di bagian yang sama dari sirkuit. Max berada beberapa ratus meter setelah kecelakaan Lance. Mungkin ada beberapa puing, tapi saya tidak ingin mengatakan 'itu puing' karena pertama-tama kita perlu menganalisis ban.

baca juga: Fakta-fakta Menarik Buffon Setelah Resmi Kembali ke Parma dengan Kontrak 2 Tahun

"Saya sedang mengumpulkan informasi, kami sedang menunggu data telemetri dari tim. Itu tiba-tiba, itu jelas, tetapi jika Anda memiliki potongan besar pada ban itu tiba-tiba."

Namun, dia mengatakan analisis dari set ban keras lainnya yang menyelesaikan tugas panjang menunjukkan tidak ada masalah keausan yang meluas dengan kompon itu.

"Ketika sesuatu seperti itu terjadi, kami perlu mengumpulkan informasi untuk memahami apa yang terjadi," tambahnya.

"Apa yang bisa saya katakan kepada Anda adalah bahwa kami memiliki beberapa set ban keras dengan lebih dari 30 lap [selesai] dan kami memeriksa di area pemasangan dan kami tidak menemukan masalah apa pun.

"Ini bukan sesuatu yang saya dapat memberitahu Anda bahwa semua ban memiliki potensi masalah; tidak, tentu saja, tidak seperti itu. Jadi kami memiliki dua ban di kiri belakang, posisi yang sama, titik yang sama di sirkuit, yang gagal. Kami perlu memahaminya. Mengapa."

Editor: Eko Fajri