Belum Tergoyahkan, Quartararo Start dari Pole Position di Jerez

Quartararo
Quartararo (net)

KLIKPOSITIF - Fabio Quartararo kembali merebut pole position di Jerez pada Sabtu (1/5/2021). Dia masih belum terkalahkan pada kualifikasi MotoGP Spanyol dalam tiga musim terakhir.

Jerez menjadi saksi bagaimana Quartararo mengklaim pole position pertamanya sebagai rookie MotoGP pada 2019. Kemudian pada musim 2020 yang terdampak pandemi, pebalap berusia 22 tahun itu kembali start terdepan dalam dua balapan pembuka musim yang digelar di Jerez. Pebalap tim Monster Energy Yamaha meraih pole position keempat kalinya di Jerez dengan mencatatkan waktu 1:36,755 detik.

Sedangkan mantan rekan satu timnya di Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli harus menyintas Q1 terlebih dahulu, sebelum mencetak waktu tercepat kedua dengan selisih sangat tipis 0,057. Pebalap Ducati Jack Miller melengkapi posisi start baris terdepan di P3 setelah finis 0,105 detik lebih lambat, demikian laman resmi MotoGP.

baca juga: Ini Profil dan Perjalan Karir Noah Gesser, Pemain Muda Ajax Keturunan Indonesia yang Meninggal Akibat Kecelakaan

Rekan satu tim Miller, Francesco Bagnaia menebar ancaman Ducati di P4, setelah menggungguli pemuncak FP3 Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda, dan Johann Zarco dari tim Pramac Racing membawa Ducati ketiga melengkapi baris kedua. Marc Marquez, yang absen dari MotoGP selama sembilan bulan karena cedera tulang humerus kanan sejak Jerez tahun lalu, kembali membalap di trek Spanyol tersebut.

Namun, di FP3, sang pebalap tim Repsol Honda mengalami kecelakaan untuk pertama kalinya sejak kembali membalap, mendapati dirinya terpelanting ke gravel dan menabrak pagar pembatas ketika melaju kencang di Tikungan 7. Beruntung, Marquez mampu berdiri dan lolos dari cedera dan akan start dari P14. Rekan satu timnya, Pol Espargaro juga terjatuh di lokasi yang sama saat FP4.

baca juga: TC Timnas Tergantung Pemerintah Terkait PPKM Level 4

Maverick Vinales bakal mengawali serangan dari P7 di depan Aleix Espargaro yang kembali membawa Aprila kompetitif di P8.

Duet tim Suzuki Alex Rins dan Joan Mir akan berusaha merangsek ke depan dari P9 dan P10. Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin masih dalam pemulihan cedera dan digantikan oleh Tito Rabat.

Sedangkan Stefan Bradl tampil sebagai wildcard setelah bertugas sebagai pengganti Marquez di Qatar.

baca juga: Noah Gesser Meninggal, Ajax Kibarkan Bendera Setangah Tiang di Kompleks Latihan

Berikut 10 besar kualifikasi GP Spanyol :

1 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1) 1:36,755

baca juga: Kontrak Tinggal 1 Musim, Fiorentina Tawarkan Kaptenya ke Cagliari

2 Franco Morbidelli Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,057

3 Jack Miller Ducati Team (GP21) +0,105

4 Francesco Bagnaia Ducati Team (GP21) +0,205

5 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) +0,253

6 Johann Zarco Pramac Ducati (GP21) +0,299

7 Maverick Viales Monster Yamaha (YZR-M1) +0,315

8 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP) +0,330

9 Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,369

10 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,399

Editor: Ramadhani