Quartararo Mulai Balapan Paling Depan, Marquez Masih Kompetitif

Quartararo
Quartararo (net)

KLIKPOSITIF - Fabio Quatararo bakal memulai balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao dari posisi paling depan. Quartararo meraih pole position etelah Francesco Bagnaia kehilangan waktu terbaiknya karena bendera kuning ketika insiden terjatuhnya pebalap tuan rumah Miguel Oliveira.

Quartararo mencatatkan waktu tercepat 1:38,862 untuk meraih pole position ke-11 dalam kariernya pada MotoGP, sedangkan Alex Rins merebut posisi start kedua dengan selisih tipis 0,089 detik. Pemuncak klasemen sementara Johann Zarco (Pramac Racing) melengkapi posisi start terdepan di tempat ketiga, demikian laman resmi MotoGP.

Mendapati catatan waktu terbaiknya, yang bisa menjadi rekor lap sirkuit, dihapus, Bagnaia harus puas finis P11. Sedangkan rekan satu timnya di Ducati, Jack Miller bakal start P4 di depan pebalap tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli.

baca juga: Ikut Komentari Penampilan Rossi, Ini Kata Lorenzo

Juara dunia delapan kali Marc Marquez, setelah sembilan bulan absen dari MotoGP karena cedera tulang humerus, tak kehilangan kecepatannya dan mengamankan slot terakhir baris kedua setelah ia finis P6 dengan jarak 0,256 detik dari pole sitter meski harus terlebih dahulu melewati Q1.

Aleix Espargaro kembali membawa Aprilia kompetitif dan mengklaim P7, mengalahkan rookie tim Sky VR46 Avintia Luca Marini dan juara dunia bertahan Joan Mir dari tim Suzuki. Rekan satu tim Quartararo, Maverick Vinales juga kehilangan catatan terbaiknya setelah kedapatan melanggar sensor limit trek. Top Gun bakal start dari P12.

baca juga: Agus Suardi Janji Lakukan Hal Ini Jika Terpilih Sebagai Ketum KONI Sumbar

Sementara itu rookie tim Pramac Racing Jorge Martin, yang merebut pole position dan podium di Qatar, bakal melewatkan akhir pekan ini dari balapan karena mengalami benturan di kepalanya, ditambah memar di tangan kanan dan pergelangannya menyusul kecelakaan hebat di FP3. Pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami juga absen hari ini setelah cedera pada Jumat, tapi masih ada kemungkinan ia turun membalap pada Minggu (18/4/2021).

Editor: Ramadhani