Lakukan Inspeksi ke Sirkuit Mandalika, Dorna Sports Tidak Puas Hanya Lihat Lewat Video Drone

.
. (AFP)

KLIKPOSITIF - Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP melakukan inspeksi langsung untuk melihat proses pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (7/4/2021).

Selan melihat kesiapan trek, kedatangan Dorna Sports merupakan rangkaian dari pra-Homologasi venue yang diklaim sebagai satu-satunya sirkuit jalan raya di MotoGP saat ini.

baca juga: Balapan Perdana Usai Cedera, Marquez Ingin Menikmati Motornya

Perwakilan Asosiasi Mandalika Grand Prix (MGPA), Dyan Dilato mengatakan bahwa Dorna Sports sejatinya terus memantau pembangunan sirkuit dari jarak jauh via video yang diambil menggunakan drone.

Namun, selepas MotoGP 2021 merampungkan dua seri yakni MotoGP Qatar dan MotoGP Doha, Dorna Sports disebut ingin melihat proses pembangunan Sirkuti Mandalika secara langsung.

baca juga: Meningkat Dibanding Tahun Lalu, Utang Luar Negeri Capai Rp 5.916 Triliun

"Mereka telah melihat trek menggunakan (Drone), tetapi mereka ingin melihatnya secara langsung. Jadi sebagai persiapan untuk homologasi pada Juni 2021, kita harus melakukan pemeriksaan pra-trek terlebih dahulu," beber Dyan Dilato dikutip Crash, Kamis (8/4/2021).

Mandalika menjadi satu-satunya sirkuit berstatus cadangan resmi yang tersisa untuk MotoGP 2021 di mana Igora Drive di Rusia telah dicoret.

baca juga: Soal Liburan Lebaran dan Cuti Bersama, Ini Tanggalnya

Saat ini, pembangunan Sirkuit Mandalika disebut telah mencapai 55-60 persen jelang proses homologasi yang dijadwalkan berlangsung Juni 2021.

"Pengaspalan lapis pertama akan berlanjut hingga Maret 2021. Pengaspalan lapis kedua dan lapis terakhir ditargetkan selesai pada Mei 2021," tulis MGPA dalam rilis resminya.

baca juga: Toyota Pamerkan koleksi Mobil Listriknya di IMMS

Setelah dihomologasi, dan tunduk pada pembatasan perjalanan Covid, Sirkuit Mandalika akan tersedia menjadi venue balapan apabila salah satu seri MotoGP 2021 ditunda atau dibatalkan.

Skenario seperti itu bukan mustahil terjadi mengingat musim lalu, Sirkuit Portimao masuk ke dalam kalender putaran ke-3 karena penundaan MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika Serikat.

Crash menyebut Dorna Sports sangat percaya diri seri balapan di kawasan Eropa bisa terselenggara dengan baik, tetapi pertanyaan masih menggantung untuk seri di luar benua biru seperti Jepang, Thailand, Australia dan Malaysia.

Jika masuk ke dalam kalender MotoGP 2021, Sirkuit Mandalika akan jadi tuan rumah pertama MotoGP Indonesia sejak kali terakhir menyelenggarakannya pada 1997.

Editor: Eko Fajri