Espargaro Sebut Motor Honda Bukan yang Tersulit Ditunggangi

Pol Espargaro
Pol Espargaro (net)

KLIKPOSITIF - Banyak pebalap menilai motor Honda pada balapan MotoGP sangat sulit dikendarai. Malahan, banyak yang berkomentar jika motor itu dikembangkan sesuai kebutuhan pebalap utama Marc Marquez, sehingga hanya Marc yang mampu mengendalikannya.

Pol Espargaro membantah semua hal itu. Dia tidak setuju dengan anggapan bahwa motor RC213V milik Honda sulit ditunggangi. Argumen itu muncul setelah dirinya menjajal sendiri kuda besi tim pabrikan Jepang itu di tes pramusim MotoGP 2021.

baca juga: Hasil Pertandingan Bola Tadi Malam Liga Italia dan Spanyo, Napoli Kokoh di Puncak Barcelona Posisi 7

Pebalap Spanyol itu hanya punya waktu empat hari untuk mengendarai RC213V terbaru di tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar. Namun juara dunia Moto2 2013 itu terlihat tidak canggung untuk mengendarai motor yang sejak 2013 sangat identik dengan rekan satu timnya saat ini, Marc Marquez.

"Ya, maksud saya di masa lalu ketika saya mendengar seseorang mengatakan motor ini sangat sulit, saya selalu berpikiran sama," kata Espargaro dikutip dari Crash, Jumat (26/3/2021).

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

Espargaro bisa dianggap jadi salah satu pebalap yang memiliki kecakapan untuk menilai performa motor Honda lantaran sebelumnya sudah sempat menjajal dua motor lainnya: M1 Yamaha dan KTM RC16. KTM RC16 yang ditungganginya musim lalu bisa dibilang memiliki karakter yang mirip dengan milik Honda , yakni butuh gaya balap agresif untuk memaksimalkan potensinya."Bagi saya, Honda jelas bukan motor termudah di grid, tapi saya tidak setuju bahwa ini adalah motor paling sulit di grid. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan gaya mengendarai motor ini dan saya merasa dalam tes Qatar saya sedikit mencocokkannya," kata Pol Espargaro.

Pol Espargaro sendiri tak terlalu medapat hasil bagus dalam tes pramusim di Losail Qatar. Dia cuma duduk di peringkat kesepuluh dalam akumulasi hasil empat hari mengikuti uji coba. Pekan ini, eks pebalap Redbull KTM itu tengah bersiap untuk memulai debut kompetitifnya bersama Repsol Honda di seri perdana MotoGP 2021 yang akan berlangsung di Losail, Qatar, 28 Maret mendatang.

baca juga: Kalahkan Dynamo Kiev, Roberto De Zerbi Raih Trofi Pertama Sebagai Pelatih

Editor: Ramadhani