Federasi Catur Dunia Soroti Laga GM Irene Sukandar vs Dewa Kipas

Pertandingan GM Irene dan Dewa Kipas
Pertandingan GM Irene dan Dewa Kipas ([Youtube])

KLIKPOSITIF - Laga catur Dewa Kipas alias Dadang Subur vs GM Irene Sukandar menjadi perhatian banyak kalangan. Pertandingan yang berlangsung pada Senin (22/3/2021) itu ditayangkan live di kanal YouTube Deddy Corbuzier tersebut.

GM Irene pun menang mutlak dalam pertandingan tersebut. Selama tiga babak berlalu, GM Irene menyapu bersih kemenangan dan menang telak 3-0.

baca juga: Musdalub HapKido Sumbar, Risnaldi Ibrahim Terpilih Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Duel GM Irene vs Dewa Kipas inipun kemudian berhasil mencetak rekor. Tak hanya itu, laga catur tersebut juga berhasil mencuri perhatian Federasi Catur Dunia atau FIDE.

Lewat akun Twitter resminya, FIDE turut mempromosikan pertandingan yang dilangsungkan di kanal Youtube Deddy Corbuzier mulai sekitar pukul 15.00 WIB tersebut.

baca juga: 30.000 Orang Diprediksi Hadiri Pembukaan dan Penutupan PON XX, Ini Persiapan Pemerintah

"Tayangan langsung pertandingan catur persahabatan antara Dewa Kipas dan Irene Sukandar puncaknya disaksikan 1.250.000 penonton," tulis organisasi yang bermarkas di Lausanne, Swiss tersebut.

Dalam cuitannya, FIDE juga mengunggah tautan Youtube tempat laga itu ditayangkan. Tak lupa FIDE juga memperkenalkan Deddy Corbuzier sebagai presenter, aktor, dan youtuber kondang Indonesia.

baca juga: Tergabung di Grub B FIFAe Nations Cup 2021, Ini Kata Ketum PSSI

"GM Sutanto Megaranto dan WIM Chelsie Monica menjadi komentator pertandingan," lanjut FIDE.

Rentetan cuitan FIDE itu sendiri disambut meriah oleh warganet. Sampai berita ini ditayangkan cuitan FIDE itu telah disukai lebih dari 3000 kali, di-retweet hingga 1600 kali, dan mendulang ratusan komentar.

baca juga: Fakta-fakta Menarik Buffon Setelah Resmi Kembali ke Parma dengan Kontrak 2 Tahun

"Tentu saja saya akan menyemangati alumni @websteru @irene_sukandar! Go Irene!" tulis juara catur dunia Susan Polgar yang berkewarganegaraan Amerika Serikat dan Hongaria.

"The power of Om @corbuzier," cuit peneliti media sosial Ismail Fahmi.

Untuk diketahui, pertandingan antara GM Irene vs Dewa Kipas ini bemula dari Dadang Subur alias Dewa Kipas yang diblokir oleh Chess.com usai memenangkan pertandingan dengan International Master, Levy Rozman yang memiliki akun GothamChess.

Usai akun Dewa Kipas diblokir, sang anak, Ali Akbar mengangkat cerita ini ke dunia maya dan kemudian menjadi viral. Setelah viral di Tanah Air, akun GothamChess kemudian mendapat serangan dari warganet Indonesia.

Selanjutnya, keduanya kemudian memutuskan untuk berdamai dan menurunkan unggahan mereka masing-masing terkait masalah tersebut.

Lebih lanjut, Dadang Subur dan anaknya diundang ke podcast Deddy Corbuzier dan menceritakan kronologi kejadian versi mereka. Konten tersebut lantas menuai reaksi dari GM Irene Sukandar .

GM Irene kemudian melayangkan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier dan meminta agar ia juga dihadirkan ke konten podcast Deddy, untuk memberikan tanggapan terkait Dewa Kipas yang dinilai mencoreng citra positif catur Indonesia.

Akhirnya, Irene pun diundang. Tak cuma dia, Levy Rozman juga hadir secara virtual di konten tersebut.

Setelah video itu tayang, ternyata ada ucapan GM Irene yang dinilai menyinggung Dadang Subur. Kemudian Dewa Kipas kemudian menantang GM Irene.

Editor: Eko Fajri