Akan Bertarung dengan Dewa Kipas, Ini Komentar Grand Master Indonesia

pecatur GWM Irene Kharisma Sukandar
pecatur GWM Irene Kharisma Sukandar (Net)

KLIKPOSITIF - Kasus polemik antara Dewa Kipas dan GothamChess belakangan kembali ramai diperbincangkan. Penyebabnya, karena perkara ini merembet hingga menyeret nama pecatur GWM Irene Kharisma Sukandar.

Youtuber kenamaan, Deddy Corbuzier lantas turut meramaikan perkara ini dengan mengundang pemilik akun Dewa Kipas hadir dalam podcast-nya. Ia juga turut mengundang Irene usai surat terbukanya viral.

baca juga: Musdalub HapKido Sumbar, Risnaldi Ibrahim Terpilih Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Tidak hanya itu, tim podcast Deddy Corbuzier kemudian berinisiatif untuk membuat pertandingan persahabatan antara Dewa Kipas dan Irene, yang akan digelar pada Senin (22/3/2021), dengan total hadiah Rp150 juta.

Sempat bungkam, Irene yang belakangan menerima tantangan pertandingan persahabatan lantas dituding mata duitan atas hadiah yang ditawarkan. Namun, ia kemudian menyebut sebuah hadiah dalam suatu pertandingan adalah hal yang wajar.

baca juga: 30.000 Orang Diprediksi Hadiri Pembukaan dan Penutupan PON XX, Ini Persiapan Pemerintah

" Catur ini adalah profesi saya, di mana-mana saya tuliskan pecatur profesional, atau kalau dalam bahasa Inggris di situ Indonesian Chess Profesional, itu maksudnya adalah karena itu profesi saya, saya menginginkan adanya apresiasi tersebut," kata Irene.

"Contohnya, penyanyi profesional, kalau disuruh nyanyi di suatu tempat otomatis meminta hadiah atau meminta bayaran akan hasil atau usahanya tersebut. Sama saja dengan pecatur profesional, itu di satu ranah yang sama. Apa pun profesionalitas yang ditekuni, tentang hadiah, tentang bayaran ini adalah hal yang sangat normal," dia menambahkan.

baca juga: Tergabung di Grub B FIFAe Nations Cup 2021, Ini Kata Ketum PSSI

Sementara itu, Deddy Corbuzier dalam video di akun YouTube-nya yang diunggah, Sabtu, mengatakan bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi.

"Karena pertandingan ini maka harus ada hadiah pasti ya, karena ini kan sebuah prestasi," ujar Deddy.

baca juga: Fakta-fakta Menarik Buffon Setelah Resmi Kembali ke Parma dengan Kontrak 2 Tahun

"Pertandingan catur tidak pernah semenarik ini di Indonesia, menurut saya," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Irene juga tidak terima karena dianggap dianggap panjat sosial atau pansos oleh sebagian kalangan dalam perkara Dewa Kipas .

"Saya ini atlet, bukan artis. Justru karena saya atlet, yang saya tuju adalah prestasi, bukan sensasi. Jadi, panggung saya adalah panggung keolahragaan," ujar Irene dalam video di akun YouTube-nya yang diunggah Jumat (19/3/2021).

"Jadi justru sensasi-sensasi yang seperti ini sebenarnya saya tidak terlalu setuju, tapi ya memang karena kasus ini sudah terlanjur besar, apapun yang akan saya suarakan saya akan masuk ke dalamnya, jadi untuk hal ini silakan teman-teman sendiri yang menilai," ujarnya lagi.

Sumber: Antara/Suara.com

Editor: Eko Fajri