Sirkuit Rio Hondo Argentina Kebakaran, Begini Kondisinya

Sirkuit Rio Hondo Argentina Kebakaran
Sirkuit Rio Hondo Argentina Kebakaran ((rideapart.com))

KLIKPOSITIF - Jumat pekan lalu, 5 Februari 2021, terjadi kebakaran besar di area paddock di lintasan Autodromo Termas de Rio Hondo di Argentina, salah satu tuan rumah reguler di ajang MotoGP.

Dilansir dari Rideapart, Senin (8/2/2021), api menghancurkan bangunan pit, yang meliputi area VIP dan pusat media serta fasilitas pit track.

baca juga: 10 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Fabio Quartararo, Juara Duni MotoGP 2021

Kebakaran mulai terjadi sekitar malam hari dan pertama kali diketahui sekitar pukul 11:00 waktu setempat.

Pada saat itu, bangunan pit sudah tertelan si jago merah. Beruntung tidak ada seorang pun di trek saat kebakaran terjadi, sehingga tak ada korban jiwa.

baca juga: Raja Narkoba Setelah Pablo Escobar Ditangkap dalam 'Operasi Osiris'

Namun hal ini pulalah yang menyebabkan penanganan kebakaran ini terlambat dan terjadilah kerusakan yang signifikan.

Petugas pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam untuk menahan dan memadamkan api.

baca juga: Suka Mencuci Motor di Rumah, Ini yang Perlu Anda Ketahui

Saat api berkobar, para pekerja trek berlomba untuk memindahkan mobil klasik dan sepeda motor yang dipajang di museum Juan Manuel Fangio di dekatnya.

Untungnya, museum berhasil diselamatkan, dan kendaraan di dalamnya dipindahkan ke luar lokasi. Museum tersebut diperkirakan bakal dapat dibuka kembali dalam beberapa hari.

baca juga: Helm Anda Timbul Bau Tak Sedap, Kenali Penyebabnya

"Sayangnya seluruh bangunan pit hancur oleh api," kata Hctor Farina, manajer fasilitas sirkuit , dalam sebuah pernyataan.

Sektor itu juga termasuk ruang pers, area kontrol balapan, dan lounge VIP. Baik museum maupun menara kontrol terletak di ujung terjauh, bersama dengan kantor lain dan pusat kesehatan, tidak mengalami kerusakan besar," imbuhnya.

Balapan MotoGP berikutnya yang dijadwalkan berlangsung di Argentina adalah 19-21 November 2021. Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah acara ini masih bisa berlangsung sesuai jadwal.

" Sirkuit tersebut sepenuhnya diasuransikan terhadap kebakaran ," kata Farina.

"Jadi kerusakan ekonomi bakal ditanggung, tapi pasti akan membutuhkan banyak waktu untuk membangun kembali seluruh area pit, yang diperlukan untuk balapan nasional dan internasional ," pungkasnya.

Belum ada penyebab kebakaran yang teridentifikasi, meski diduga terjadi di area VIP di lantai atas gedung.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri