Indonesia Hanya Masuk Daftar Balapan Cadangan, Menpora Optimis Motogp Terselenggara

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Zainudin Amali optimis pembangunan Sirkuit Mandalika untuk gelaran MotoGP Indonesia 2021 bisa rampung sesuai rencana.

Hal itu disampaikan Zainudin Amali saat meninjau langsung pembangunan sirkuit di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (24/11/2020).

baca juga: Menko: Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Dapat Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebelumnya menyebut pembangunan sirkuit dengan panjang 4,31 km ini ditargetkan rampung pada Juli 2021.

"Perencanaan yang dipersiapkan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) kemudian bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap jalan ya," kata Zainudin Amali dalam rilis, Rabu (25/11/2020).

baca juga: Ingatkan Kewajiban Pemerintah Lindungi Rakyatnya, Legislator: Jangan Menepuk Dada Terlalu Dini

"Saya optimis sesuai dengan perencanaan kita bahwa pekerjaan ini akan selesai," tambahnya.

Ditegaskan Menpora RI, fasilitas yang akan digunakan MotoGP nantinya terus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

baca juga: Kabar Gembira, BI Turunkan Biaya Maksimal Transfer Antar Bank

Dia berharap, Dorna nantinya akan puas dengan hasil, sehingga MotoGP bisa terselenggara sesuai yang diharapkan.

Isu MotoGP Indonesia 2021 terancam tak terselenggara sempat menggema setelah Dorna Sports merilis kalender balapan MotoGP 2021.

baca juga: BI Catat Uang Beredar pada September 2021 Tumbuh 8 Persen, Capai Rp7.287,3 Triliun

Pada kalender sementara itu, MotoGP Indonesia tak tercantum di daftar seri balapan. Dorna hanya memasukan Indonesia ke dalam daftar balapan cadangan bersama Portugal dan Rusia.

Otoritas MotoGP tidak memberitahu alasan terkait tiga seri balapan itu hanya dijadikan balapan cadangan untuk musim 2021.

Dalam keterangannya, MotoGP Indonesia ditandai sebagai venue balapan yang sirkuitnya akan dilakukan proses homologasi terlebih dahulu lantaran lintasannya masih dalam proses pembangunan.

Meski begitu, Menpora dan Direktur Utama ITDC Abdukbar M Mansoer tetap optimis MotoGP Indonesia 2021 bisa tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

"Saya optimis MotoGP Mandalika 2021 insyaallah akan terlaksana. Informasi dari ITDC, itu masih on progres," kata Menpora Zainudin Amali.

"Sirkuit sedang dibangun, dan kseperti apa yang disampaikan Pak Menpora , kita optimis MotoGP bisa terlaksana tahun depan," sambung Abdulbar.

Editor: Eko Fajri