Resmi Juara Dunia MotoGP, Ini Komentar Joan Mir

Joan Mir Juara MotoGP
Joan Mir Juara MotoGP (net)

KLIKPOSITIF - Joan Mir telah meraih gelar juara dunia MotoGP pertamanya. Gelar juara itu dipastikan menjadi milik Mir pada Minggu (15/11/2020), hanya berselang satu pekan usai mengklaim kemenangan Grand Prix pertamanya di sirkuit yang sama di Valencia, Spanyol.

"Saya telah bertarung untuk ini selama hidup saya, saya tak bisa tertawa atau menangis tapi saya penuh dengan emosi," kata Mir seperti dikutip AFP.

Pebalap Suzuki Ecstar itu mengunci titel kelas premier tahun ini, di tengah absennya juara bertahan Marc Marquez yang masih cedera, dengan finis peringkat tujuh di Grand Prix Valencia yang dimenangi oleh Franco Morbidelli.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

Mir merayakan prestasi di tahun keduanya bertarung di kelas premier itu dengan melakukan wheelie dan membuat asap dari ban belakang motornya. Tidak ada fan yang menonton langsung di sirkuit namun keluarganya turut hadir di sana untuk selebrasi.

Itu merupakan titel MotoGP pertama yang dimenangi pebalap Suzuki sejak tahun 2000. Di tengah musim yang dibayangi krisis kesehatan global, kegigihan Mir membawanya sebagai penantang serius dan layak sebagai juara.

Kemenangan Mir tersebut menjadi model konsistensi lewat tiga kali finis runner-up dan tiga kali peringkat tiga sebelum satu kemenangan dari 13 balapan yang telah digelar. Lahir di Palma, Mir mengendarai motor pertamanya di trek dekat rumahnya di usia enam tahun, di bawah pengawasan sang ayah. Beberapa tahun setelah itu, gelar juara dunia menghampirinya.

baca juga: Karena Hal Ini, Maverick Vinales Merasa Tidak Dianggap di Tim Yamaha MotoGP

"Ini adalah momen yang sangat indah dan saya sangat senang," kata Mir.

Mir tiba di Grand Prix Valencia dengan keunggulan 37 poin dan itu berarti ia hanya perlu finis podium di balapan penultima itu untuk mengamankan titel, sedangkan finis peringkat empat cukup baginya jika Alex Rins maupun Fabio Quartararo tidak menang.

Editor: Ramadhani