Gunakan YZR-M1 Versi Terbaru, Sesal Fabio Quartararo Tidak Lagi Berarti

Fabio Quartararo
Fabio Quartararo (Net)

KLIKPOSITIF - Fabio Quartararo menyesal dengan keputusannya meminta motor Yamaha YZR-M1 spesifikasi pabrikan untuk MotoGP 2020. Namun sesal itu tak lagi berarti lantaran gelar juara dunia sudah lepas dari tangan.

Fabio Quartararo yang merupakan pebalap satelit Yamaha (Petronas Yamaha SRT) mendapat keistimewaan musim ini dengan menunggan YZR-M1 versi terbaru.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

Sempat tampil meyakinkan dengan meraih dua kemenangan di dua balapan perdana --MotoGP Spanyol dan Andalusia-- performa Quartararo berangsur-angsur anjlok.

Kendala YZR-M1 terbaru digadang-gadang punya andil besar dalam penurunan performa tak hanya Quartararo, tetapi dua pebalap pabrikan Yamaha yakni Valentino Rossi dan Manverick Vinales.

baca juga: Karena Hal Ini, Maverick Vinales Merasa Tidak Dianggap di Tim Yamaha MotoGP

Ironisnya, saat ketiga pebalap dengan spesifikasi motor Yamaha terbaru kesulitan bersaing, Franco Morbidelli yang masih memakai YZR-M1 versi 2019, tampil lebih baik.

Selepas MotoGP Valencia, di mana Morbidelli meraih kemenangan, klasemen sementara menunjukkan dia adalah pebalap Yamaha paling konsisten musim ini.

baca juga: Jadi Juara Dunia MotoGP 2020, MIr Tak Sabar Nantikan Kemunculan Marquez

Morbidelli kini duduk di posisi kedua dengan raihan 142 poin, tertinggal 29 angka dari Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang telah resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020 usai finis ke-7 di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).

Setelah gelar juara dunia dipastikan lepas dari tangan, Quartararo yang saat ini bertengger di peringkat lima klasemen sementara MotoGP 2020 merasa kecewa dengan performa Yamaha YZR-M1 terbaru.

baca juga: Digeser Carl Cruthlow Sebagai Tets Rider Yahama, Ini Kata Lorenzo

"Saya tidak begitu senang, tetapi [Spesifikasi Pabrik] adalah motor yang kami inginkan di awal tahun; kami memintanya," kata Fabio Quartararo dikutip dari Crash, Senin (16/11/2020).

"Itulah yang membantu [meyakinkan] saya untuk menandatangani kontrak juga dengan tim Pabrik adalah bahwa kami menginginkan motor [Pabrik] ini, tapi sayangnya untuk tahun ini itu bukan pilihan yang tepat!" tambahnya.

Menurut Quartararo, perbedaan YZR-M1 2020 dan 2019 sangatlah jauh. Motor Yamaha tahun ini disebutnya tak memiliki performa yang konsisten dan itu turut berimbas pada penampilan sang pebalap.

"Saya memang berhasil meraih tiga kemenangan sejauh ini, tapi saya tidak senang karena saya pikir dengan motor yang lebih konsisten, kami bisa meraih hasil yang lebih baik," kata Quartararo.

"Saya pikir ini lebih bikin frustasi, saya tak akan mengatakan Yamaha, tapi ketika Anda bekerja keras untuk motor pabrikan 2020, kalau tidak lebih baik, motor itu [minimal] serupa [dari motor tahun lalu]," tandasnya.

Editor: Eko Fajri