Sejarah Baru, Nakagami Raih Pole Position Pertama di MotoGP

Nakagami
Nakagami (net)

KLIKPOSITIF - Takaaki Nakagami berhasil merebut pole position perdananya di pentas MotoGP.

Pebalap tim LCR Honda itu tak terkalahkan di sesi Q2.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

Nakagami bahkan memperbaiki catatan waktunya sebanyak 0,2 detik menjadi satu menit 46,882 detik, memberi ruang yang cukup aman ketika Morbidelli finis P2 dengan selisih 0,062 detik.

Juara Grand Prix Aragon pekan lalu Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar melengkapi baris terdepan setelah finis P3.

baca juga: Karena Hal Ini, Maverick Vinales Merasa Tidak Dianggap di Tim Yamaha MotoGP

Jepang belum pernah mendapati pebalapnya merebut pole position kelas premier sejak Makoto Tamada pada 2004.

Nakagami hari itu juga mempersembahkan pole position pertama untuk LCR Honda sejak capaian Cal Crutchlow di Jerez 2018.

baca juga: Jadi Juara Dunia MotoGP 2020, MIr Tak Sabar Nantikan Kemunculan Marquez

Akhir pekan yang positif bagi Nakagami apalagi baru dua hari lalu ia mendapat perpanjangan kontrak untuk membela Honda kembali tahun depan.

Johann Zarco menyintas Q1 ketika pasukan Ducati lainnya melempem di balapan kedua yang digelar di Aragon itu.

baca juga: Digeser Carl Cruthlow Sebagai Tets Rider Yahama, Ini Kata Lorenzo

Pebalap Prancis itu hampir start dari baris terdepan namun serangan Rins dan Maverick Vinales jelang akhir kualifikasi menggeser pebalap tim Esponsorama Racing itu ke posisi lima.

Runner-up klasemen Fabio Quartararo menemani Vinales dan Zarco di baris kedua setelah mengamankan P6 untuk tim Petronas Yamaha.

Baris ketiga akan diisi oleh rekan satu tim Nakagami, Cal Crutchlow yang akan start di depan dua pebalap KTM Miguel Oliveira dan Pol Espargaro.

Alex Marquez yang mengincar podium ketiganya secara beruntun mengamankan P10 untuk tim Repsol Honda di depan rookie KTM Iker Lecuona.

Sementara itu, pemuncak klasemen sementara, Joan Mir mendapati waktu terbaiknya dihapus karena melebihi batas trek. Pebalap tim Suzuki itu bakal mengawali serangan dari P12 setelah finis terakhir dengan catatan 1:47,642 detik.

Jagoan Ducati dalam perebutan gelar, Andrea Dovizioso, akan start dari P17 setelah gagal lolos dari Q1 meski sempat dibantu slipstream dari Jack Miller.

Valentino Rossi melewatkan balapan kedua di Aragon akhir pekan ini setelah pekan lalu kedapatan positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi sedangkan Yamaha tidak menugasi pengganti untuk sang juara dunia sembilan kali.

Stefan Bradl masih meneruskan tugas Honda untuk menggantikan juara bertahan Marc Marquez yang cedera sejak seri pembuka di Jerez.

Editor: Ramadhani