VR46 Milik Rossi Bisa Balapan di Kelas Utama MotoGP Musim Depan

Rossi bersama anak didiknya yang kini menjadi pesaing di kelas utama MotoGP,
Rossi bersama anak didiknya yang kini menjadi pesaing di kelas utama MotoGP, (net)

KLIKPOSITIF - Tim balap VR46 milik Valentino Rossi diberitakan bakal naik ke kelas utama MotoGP musim depan. Kabar ini muncul setelah Tim satelit Ducati , Reale Avintia Racing disebut bakal keluar dari MotoGP mulai musim depan.

Rumor bahwa tim asal Spanyol itu bakal mundur turut meramaikan bursa transfer MotoGP 2020, kendati bukan di ranah pebalap, melainkan tim. Dilansir dari GPone prestasi Avintia sejatinya tidak buruk tahun ini. Dua pebalapnya, Tito Rabat dan Johann Zarco mampu bersaing di papan tengah.Selain VR46 milik Rossi, GPone melaporkan bahwa terdapat satu tim lagi yang diklaim bakal meramaikan bursa tim baru untuk MotoGP 2021, yakni Leopard. Leopard adalah tim bentukan konglomerat asal Luksemburg, Flavio Becca. Mereka bukan tim sembarangan. Meski berkiprah di Moto3, terdapat beberapa pebalap top yang berhasil dipromosikan.

baca juga: Jika Dapat Izin Balapan MotoGP di Valencia Akan Hadirkan Penonton

Salah satu pebalap MotoGP yang pernah mengaspal bareng tim Leopard adalah Joan Mir pad 2017. Mir kini menjadi salah satu rider potensial milik Suzuki Ecstar di MotoGP 2020.

Meski demikian, VR46 milik Rossi juga bukan tim sembarangan. Tim asal Italia itu sudah banyak mencetak pebalap potensial--khususnya dari Italia--dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat, tim yang menggunakan nama lengkap SKY racing Team VR46 itu sepanjang kiprahnya telah mengoleksi 21 kemenangan, delapan di Moto3 dan 13 di Moto2.

baca juga: Penggunaan Radio Komunikasi di MotoGP? Ini Tanggapan Pebalap

Salah satu talenta paling berbakat jebolan VR46 adalah Francesco Bagnaia yang berhasil meraih gelar juara Moto2 2018 dengan raihan 306 poin. Rider Italia itu kini membalap di kelas MotoGP bersama tim Pramac Racing. Jika VR46 benar-benar naik kelas ke MotoGP, tentu kondisi itu akan menguntungkan bagi para pebalap muda Italia, terkhusus dua rider Moto2, Luca Marini dan Enea Bastianini. Bagi Marini--yang merupakan adik tiri Rossi, jika itu terjadi, dia jelas lebih diuntungkan lantaran tahun ini masih berseragam SKY Racing VR46.

Meski begitu, terdapat sedikit ganjalan apabila VR46 naik kelas ke MotoGP. Sebagai pengganti Reale Avintia, VR46 akan menggunakan mesin dukungan Ducati . Padahal hampir semua orang tahu bahwa Valentino Rossi yang saat ini masih berkiprah di MotoGP, merupakan ikon besar tim pabrikan Yamaha . Tahun depan, The Doctor juga akan membalap dengan seragam Petronas Yamaha SRT.

baca juga: Bintang Muda Ekuador Ini Dikontrak Villarreal dengan Durasi 7 Tahun

Editor: Ramadhani