Tanpa Marquez, Honda Puasa Podium Terlama Sejak 1982

Marquez
Marquez (net)

KLIKPOSITIF - Honda mengalami kesulitan sejak Marc Marquez absen dari lintasan. Sudah lima kali balapan MotoGP dijalani tim Repsol Honda tanpa Marc.

Bahkan untuk pertama kalinya tim Honda mengalami puasa podium panjang. Terakhir kali hal ini terjadi pada tahun 1982. Setidaknya penderitaan pabrikan berlogo sayap ini terpaksa harus ditahan selama 2-3 bulan lagi agar Marc bisa pulih 100 persen.

baca juga: Belum Punya Tim Musim Depan, Ada Celah Dovizioso ke Suzuki

Pengamat balap Carlo Pernat menyebut walau punya tiga pembalap lain, namun Honda tetap tak bisa meraih podium. Menurutnya hal itu disebabkan oleh kesalahan Honda sendiri.

"KTM mendapat mutiara yang dibuang oleh Honda dan Puig. Mutiara tersebut adalah Dani Pedrosa. Mereka kini bisa membuat motor yang kompetitif," ucapnnya dikutip dari GP One.

baca juga: Dovizioso Sebut Joan Mir Lebih Bahaya dari Quartararo

Pernat menjelaskan kemampuan Honda yang asli adalah Honda tanpa Marquez. Nakagami melakukan pekerjaan bagus namun ia bukanlah petarung barisan depan yang sesungguhnya. Selain itu, ia juga menyoroti langkah tepat KTM yang melakukan pembinaan pada pembalap muda.

"KTM melakukan strategi bagus. Langkah ini diikuti DUcati yang berfokus pada pembalap muda dan melupakan Andrea Dovizioso. Mungkin inilah waktunya ada perubahan," kata pernat.

baca juga: Usai Tampil Memalukan di Aragon, Quartararo Siap Bersaing dengan Tim Suzuki

Editor: Ramadhani