Atlet Gantolle Sumbar Tingkatkan Porsi Latihan Hadapi PON Papua

Atlet Gantolle Sumbar
Atlet Gantolle Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Atlet Cabang olahraga (Cabor) Aero Sport Gantolle, terus meningkatkan porsi latihan dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Pelatih Cabang Olahraga Gantolle Sumbar Philips Rusihan Sakti mengatakan pihaknya akan meningkatkan porsi latihan para atletnya, baik latihan fisik maupun teknik.

baca juga: Pemprov Sumbar Komit Anggarkan Dana untuk Olahraga

"Kita akan meningkatkan porsi latihan atlet. Baik latihan fisik dasar cabor, maupun latihan teknik dan mempraktekan terbang. Kami berlatih di Bukit Gado-Gado Pantai Air Manis Padang, kalau cuaca mendukung dan jika pengunjung tidak ramai," katanya di Padang.

Ia mengatakan selain itu area latihan pada tempat lain di kampung "Bukik Kanter (Kampung Terandam) Pasar Usang Padang Pariaman, menggunakan tempat pendaratan di area persawahan dan tanaman jagung yang sudah dipanen sesuai situasi," tuturnya.

baca juga: Konselor Olahraga Motivasi Atlet PON Sumbar

"Ada empat atlet Gantolle yang tengah kita bina, masing-masing, Syahroni dan Khaidir Anas domisili di Bukittinggi, NSR Ya Latif di Muaro Sijunjung dan Rijalul Fatoni di Padang," jelasnya.

Menurutnya, cabang olahraga Gantolle ini, merupakan cabang olahraga kedirgantaraan yang tergantung dari alam.

baca juga: KONI Sumbar Akan Undang Atlet Nasional untuk Pembekalan dan Motivasi Atlet

"Oleh karenanya atlet cabang olahraga Gantolle wajib menjaga kelestarian alam, tidak dibenarkan membuang sampah (non organik) di sembarang tempat," jelasnya.

"Prinsip kita, kalau tinggalkan suatu tempat, tempat tersebut harus lebih bersih dari ketika kita datang, tentunya dengan cara bersih-bersih sampah yang ditinggalkan oleh orang lain," ulasnya.

baca juga: Uji Tanding Atlet KONI Sumbar Masih Tertunda karena Pandemi

Cabor Gantolle juga merupakan olahraga ekstrim, yg sangat butuh konsentrasi/fokus. "Maka dari itu diharapkan untuk berusaha menciptakan suasana damai, agar atlet tidak stres dengan selingan senda gurau, sesuai tempat dan waktu yang pas dan selalu memperhatikan hak dan& kewajiban mereka," paparnya.

Menurutnya, atlet Gantolle saat ini merupakan atlet berprestasi seperti, Nsr Yalatif. R meraih medali emas Kejurnas Gantolle Ketepatan Mendarat 2020, Emas Kejuaraan internasional Telomoyo Cup 2019, Emas Kejurnas Gantolle Terbang Lintas Alam 2018, Perak Kejurnas Gantolle nomor terbang Lintas Alam 2017 dan 2 medali Emas PON Jawa Barat.

Rijalul Fathani merupakan atlet peraih Perak Kejurnas Ketepatan Mendarat 2020, Perak nomor Sport Class pada Kejuaraan Internasional Telomoyo Cup 2019, Perak Kejurnas Terbang Lintas Alam 2018, Emas Kejurnas Terbang Lintas Alam 2017, dan Khaidir Anas, perunggu Kejurnas Gantolle 2020. (*)

Editor: Fitria Marlina