KONI Sumbar Akui Belum Temukan Solusi dari Masalah Musyorkab KONI Solok

Penyelesaian masalah Musyarkob KONI Solok
Penyelesaian masalah Musyarkob KONI Solok (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Sumatera Barat belum menemukan solusi dari permasalahan yang terjadi di KONI Kabupaten Solok. Hal itu diungkapkan oleh Ketua umum KONI Sumbar Syaiful saat dihubungi di Padang.

"Saat kita lakukan mediasi tadi, mereka masih bertahan dengan pendapat masing-masing. Namun mereka menyerahkan penyelesaiannya kepada KONI Sumbar, maka KONI Sumbar dalam waktu dekat akan melakukan rapat khusus untuk menyelesaikan polemik kepengurusan KONI Kabupaten Solok," katanya, Selasa, 4 Agustus 2020.

baca juga: KONI Sumbar Akan Undang Atlet Nasional untuk Pembekalan dan Motivasi Atlet

Ia mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan rapat khusus untuk menyelesaikan hal ini. "Kita tidak ingin ini berlarut-larut, jadi dalam dua atau tiga hari kedepan kita akan selesaikan masalah ini. Kita tidak ingin menunggunya lama-lama," jelasnya.

"Namun kita minta kepada mereka agar tetap bersatu dan membentuk kepengurusan bersama. Dan kita juga mengingatkan jangan sampai terpecah dengan masalah ini. KONI Sumbar menjembatani kedua belah pihak untuk mencari titik kesepakatan," terangnya.

baca juga: Uji Tanding Atlet KONI Sumbar Masih Tertunda karena Pandemi

Hadir dalam rapat mediasi itu pimpinan sidang Musyorkab KONI Solok Jhon Afnel dan Madra Setiawan Cs. Sebelumnya, Jhon Afnel sebagai pimpinan sudah melaksanakan Tupoksi sesuai mekanisme Musyorkab yang dilaksanakan di Gedung Solok Nan Indah, Sabtu (18/7 /2020) yang mengacu kepada regulasinya. Walaupun dalam musyawarah itu terjadi dinamika demokrasi yang diwarnai dengan langkah walk out (WO).

Jhon mengapresiasi langkah mediasi yang dilakukan KONI Sumbar dalam mencari titik temu kedua belah pihak. Di dalam Musyorkab tersebut terpilih Rudi Cader secara aklamasi dan mengalahkan rivalnya Gusrial Abbas.

baca juga: KONI Sumbar Ingatkan Atlet soal Doping

Namun, sebut Madra Setiawan, adanya kegiatan mediasi ini, pihaknya menyerahkan semua keputusan silang sengketa Musyorkab kepada KONI Sumbar dan itu sesuai dengan petunjuk KONI Pusat yang sudah mereka temui.

Akan tetapi, sambung Madra, keputusan KONI Sumbar nanti hendaknya tidak terlepas dari aspirasi mereka. Di antaranya meminta Musyorkab ulang KONI Kabupaten Solok. Untuk itu jelang dilaksanakan Musyorkab ulang, maka diminta KONI menunjuk karateker KONI Kabupaten Solok.

baca juga: Atlet Gantolle Sumbar Tingkatkan Porsi Latihan Hadapi PON Papua

Selain itu, ia menilai langkah yang diambil kubu sebelah degan memasukan beberapa orangnya ke dalam kpengurusan yang baru, belum sebuah upaya yang bisa kedua pihak beegandengan tangan. Karena ia menilai Musyorkab KONI Kabupaten Solok ini cacat secara AD/ART. Karena telah mengangkangi AD/ART. (*)

Editor: Fitria Marlina