Batal Turun Balapan di Jerez, Ini Kata Marquez

Marc Marquez
Marc Marquez (net)

KLIKPOSITIF - Marc Marquez dipastikan batal turun seri kedua MotoGP, Grand Prix Andalusia di Sirkuit Jerez, Spanyol akhir pekan nanti. Ia merasa kondisi tubuhnya tidak bisa dipaksakan balapan..

Pebalap tim Repsol Honda itu mengalami cedera tulang lengan kanan atas setelah terjatuh dalam seri pembuka MotoGP yang juga digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu. Enam hari setelah kecelakaan di Grand Prix Spanyol dan empat hari pasca operasi, Marquez kembali ke Jerez dan dinyatakan fit serta mendapat lampu hijau dari tim untuk ambil bagian di sesi latihan dan kualifikasi pada Sabtu.

baca juga: Jika Dapat Izin Balapan MotoGP di Valencia Akan Hadirkan Penonton

Marquez dan tim Repsol Honda menggunakan kesempatan tersebut untuk mengevaluasi bagaimana tingkat cedera yang dialami dan apakah sang pebalap mampu mengendarai motornya sepanjang jarak lomba.

"Saya sudah paham jika akan sangat sulit mengendarai motor dan menyelesaikan 25 putaran di balapan tapi jujur setelah operasi aku melihat ada peluang kecil jadi saya harus mencoba karena kalian tahu jika kalian mempunyai gairah untuk sesuatu kalian harus mencobanya," kata Marquez seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Pebalap asal Spanyol itu menyelesaikan FP3 di posisi ke-19, berjarak 1,298 detik dari pemuncak sesi, dan di sesi latihan terakhir ia terpaut 0,999 detik dari Takaaki Nakagami yang tampil tercepat dalam FP4. Namun, sang juara bertahan harus kembali lebih dini ke garasinya ketika baru menjalani satu putaran, tanpa mencatatkan waktu pada babak kualifikasi pertama (Q1). Tim Repsol Honda setelah itu menyatakan Marquez tidak akan menjalani GP Andalusia.

baca juga: Penggunaan Radio Komunikasi di MotoGP? Ini Tanggapan Pebalap

"Yang saya lakukan hanya mengikuti kata badan saya. Badan saya ingin mencoba dan itu yang saya lakukan, saya bicara dengan Honda dan inilah rencananya. Pada kesempatan pertama saya merasa bagus, bahkan dengan ban cadangan, cukup mengejutkan.... tapi ketika saya keluar dari garasi lagi, langsung terasa di bagian siku, sepertinya sarafnya, dan saya langsung kehilangan tenaga dan itu menjadi berbahaya," ujar Marquez."Tubuh saya saat itu bilang 'berhenti' dan saya pun berhenti," imbuhnya.

Marquez telah berdiskusi dengan tim sebelum memutuskan untuk turun di sesi Sabtu, dan manajer Repsol Honda , Alberto Puig, memaklumi keinginan sang pebalap, tetapi tidak ingin memaksannya lebih jauh.

baca juga: VR46 Milik Rossi Bisa Balapan di Kelas Utama MotoGP Musim Depan

Marquez memiliki waktu kurang dari dua pekan sebelum seri selanjutnya di gelar di Brno, Republik Ceko pada 9 Agustus nanti.

Editor: Ramadhani