KONI Akan Coret Nama Pelatih yang Sering Tak Hadir saat Latihan

Tes fisik atlet di Sport Hall  H Agus Salim Padang
Tes fisik atlet di Sport Hall H Agus Salim Padang (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Sumatera Barat akan coret nama pelatih, yang sering tak hadir mendampingi atlet saat latihan. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Teknis KONI Sumbar, Fazriel Alle di Padang.

"Pelatih yang tidak mendampingi atlet akan dikasih peringatan. Dan jika masih tidak melakukan tugas sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai pelatih maka kita akan beri sanksi. Dia kan tahu tugasnya sebagai pelatih itu apa. pasti dia tahu, sedangkan atletnya latihan, dan dia tidak ada otomatis kita akan memmberikan peringatan," katanya.

baca juga: DPRD Sumbar Akan Tinjau Kembali Penundaan Porprov

Ia mengatakan jika tidak berjalan juga kedepannya, pihaknya akan memberikan sanksi. "Kita akan beri sanksi dan kedepan bisa saja honornya tidak kita berikan, bukan kita kurangi. Kalau terus menerus tidak ada sumbangsih melaksanakan tugas dari pelatih, maka bisa saja kita delete (hapus) dari tim kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON)," jelasnya.

"Kemarin itu peringatan secara langsung, dalam rapat koordinasi dengan pelatih sudah dilakukan, sudah diingatkan pelatih untuk bisa hadir disetiap atletnya hadir selama latihan di tim teknis, apalagi dia latihan khusus bersama cabang olahraganya (cabor), otomatis dia harus ada di situ," terangnya.

baca juga: Tim Teknis KONI Sumbar Sebut Kondisi Atlet yang Berdomisili di Padang Masih Baik

Menurut Alle, kehadiran pelatih bisa diwakili oleh satu orang pelatih. "Kalau pelatih ada tiga, bisa mewakili satu atau dua orang untuk melihat atletnya latihan," tuturnya.

Seperti diketahui, KONI Sumbar kembali melakukan latihan bersama bagi atlet yang lolos PON Papua 2021, setelah sempat dihentikan sementara karena COVID-19. Dalam latihan itu, KONI masih melihat ada beberapa pelatih yang masih belum hadir ke lokasi untuk mendampingi atletnya latihan. (*)

baca juga: KONI Sumbar Akan Evaluasi Menyeluruh Atlet November 2020

Editor: Fitria Marlina