Mau Uji Ketangkasan Bermotor? Coba Melintas di Jalur Maut Ini

Jalur maut Lio menyuguhkan keindahan alam yang memesona (
Jalur maut Lio menyuguhkan keindahan alam yang memesona ( (Facebook)

KLIKPOSITIF - Kegiatan touring memang sungguh mengasyikkan. Banyak keseruan yang mungkin terjadi, apalagi ketika melintas sebuah jalan yang indah dan menantang seperti jalur maut Lio.

Pastinya, warga Brebes tahu dengan jalur maut Lio ini yang cukup melegenda. Jalur ini memiliki keindahan yang tentu bakal membuat para pemotor terpesona.

baca juga: Ini 4 Jurus Agar Indonesia Tak Resesi dari Sandiaga Uno dan Kamrussamad

Meski memiliki keindahan yang cukup membuat para pemotor terpesona, jalur ini ternyata juga sangat rawan membuat celaka. Jalur ini terkenal di masyarakat Brebes dengan ke-ekstrem-an.

Buat yang ingin menjajal ketangkasan bermotor, jalur ini mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Jalur Lio memiliki tanjakan yang cukup ekstrem dengan tikungan putus-putus yang sangat menguji kondisi kendaraan.

baca juga: Wapres: Banyak Bayi di Indonesia Tidak Dapat ASI Eksklusif

Di jalur ini, terdapat sebuah tanjakan dengan kemiringan yang sangat curam dan tikungan yang sangat tajam dengan kemiringan hampir 90 derajat. Dibutuhkankemampuan berkendara dan performa kendaraan yang prima ketika melintas Jalur Lio ini.

Untuk pengguna motor matik, jangan harap bisa menaklukkan jalur Lio ini jika hanya mengandalkan rem depan belakang saja. Pasalnya, pemotor bakal kewalahan ketika melintas di sebuah turunan yang cukup curam meski sudah dibantu dengan rem depan dan belakang.

baca juga: Bertambah Lagi, Pasien Corona di RS Wisma Atlet Kini Tembus 1.205 Orang

Beberapa kasus pernah terjadi ketika melintas turunan di jalur Lio yang menyebabkan rem motor matik blong.

Saat melintas jalur ini, disarankan untuk sering berhenti dengan tujuan mengistirahatkan mesin dan kampas rem.

baca juga: Draf RUU Ciptaker Ubah Pasal Tentang Penyiaran, DPR: Kemunduran Dunia Penyiaran

Motor sport yang berkopling sedikit lebih mudah ketika melintas jalur Lio ini. Hal itu karena motor ini menggunakan transmisi gigi manual.

Di jalur Lio ini, sudah banyak insiden kecelakaan terjadi. Bahkan, intensitasnya bisa dikatakan sering.

Hal ini dikarenakan pemotor kurang persiapan ketika melintas di jalur maut Lio. Jadi jika ingin melintas di jalur ini, alangkah lebih baiknya bertanya kepada yang sudah pernah melintasinya terlebih dahulu.

Editor: Eko Fajri