Latihan Mandiri Atlet Sumbar di Tengah Pandemi

Latihan atlet jelang PON
Latihan atlet jelang PON (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Cabang olahraga senam tetap melaksanakan latihan di masa pandemi dan selama Ramadan. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi atlet agar staminanya tetap baik.

"Latihan mandiri dilakukan sejak PPLP ditutup. Saran dari Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) latihan tetap dilakukan. Saat ini latihan dilakukan oleh semua atlet dan hanya satu atlet yang melaksanakan latihan di rumahnya di Payakumbuh, sedangkan yang lainnya tetap latihan di mes Semen Padang," kata Ketua Harian, Tabrani di Padang.

baca juga: KONI Sumbar Akan Undang Atlet Nasional untuk Pembekalan dan Motivasi Atlet

Untuk Ramadan latihan dilakukan dari Senin s/d Jumat dengan durasi latihan kurang lebih dua jam. "Pelatih juga tetap memonitori latihan atlet yang di kampung halaman dengan mengirim video atau foto latihan setiap harinya, sehingga tetap ada kontrol yang jelas," tuturnya.

Ia mengatakan sejauh ini latihan tetap lancar. "Dengan adanya pandemi ini tidak ada kendala yang kita hadapi dalam latihan sehingga target satu emas kita tidak berubah," jelasnya.

baca juga: Uji Tanding Atlet KONI Sumbar Masih Tertunda karena Pandemi

Sementara itu, salah seorang pelatih senam, Sutrisno mengatakan latihan tetap dilakukan di komplek PT Semen Padang. "Kita melihat daerah kita masih aman dan masih bisa latihan. Saat ini ada enam atlet yang mengikuti latihan dan satunya latihan mandiri di kampung halaman. Namun ia tetap kmi pantau dengan mengirim video latihan," jelasnya.

"Saat ini materi latihan yang dipersiapkan yakni persiapan pematangan gerakan, peningkatan fisik, dan pengembangan lainnya. Namun target kita di PON tetap lah emas," terangnya.

baca juga: KONI Sumbar Ingatkan Atlet soal Doping

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful mengatakan latihan mandiri tetap dilaksanakan dan terkoordinir oleh masing-masing cabang-cabang olahraga.

"Latihan terus dilakukan dan diawasi konsultan dan tim teknis KONI Sumbar. Ada 189 atlet dan bersama 53 pelatih yang tergabung dalam latihan mandiri ini selama pandemi. Sejauh ini tidak ada kendala karena laporan latihan dilakukan secara virtual," jelasnya.

baca juga: Atlet Gantolle Sumbar Tingkatkan Porsi Latihan Hadapi PON Papua

Syaiful juga mengapresiasi atlet dan pelatih yang masih terus semangat latihan di masa ini dengan kondisi sehat dan bugar. "Dan alhamdulillah sejauh ini kondisi atlet kita sehat dan bugar. Jadi mereka tidak mengendorkan latihan dan ini kita acungkan jempol," jelasnya.

Walaupun pelaksanaan PON diundur, KONI Sumbar tak akan mengubah target dalam perolehan medali nantinya. "Selain itu, kita juga tetap support atlet dengan tetap latihan dan dukungan dana dalam menjaga semangat mereka dalam menghadapi PON," jelasnya.

Atlet PON Sumbar tetap melaksanakan latihan mandiri di tengah pandemi. Hal itu dilakukan untuk menjaga stamina dan semangat atlet selama masa pandemi ini. Latihan mandiri dilakukan di masing-masing cabor dengan tetap melakukan kontrol penuh dari pelatih, yakni dengan mengirimkan video latihan setiap harinya. (*)

Editor: Fitria Marlina