Ban Motor Selalu Ditutupi Sebelum Balapan, Ini Fungsinya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Penikmat balap motor khususnya MotoGP sering menyaksikan ban motor yang selalu ditutup atau diselimuti sebelum digunakan dalam balapan . Tindakan menyelimuti ban ini bukan tanpa alasan.

Selimut atau cover ban tersebut dinamakan tyre warmer. Fungsinya untuk menjaga temperatur ban agar berada dalam kondisi yang diinginkan sebelum dipakai. Dilansir dari MotoGP.com, meningkatkan temperatur ban dengan tyre warmer bisa berguna untuk meningkatkan performa ban.

Bos Michelin Motorsport Piero Taramasso mengatakan tyre warmer menjaga ban tetap di level bawah dari rentang penggunaan optimalnya. Jadi menghangatkan ban ke temperatur dengan tyre warmer itu tidak berdampak signifikan pada performa ban selama balapan .

Hanya saja, menghangatkan ban dengan tyre warmer akan membuat pembalap lebih nyaman saat awal balapan . Pemanasan ban yang sebenarnya itu bukan saat dipanaskan memakai tyre warmer, tapi saat melakukan warm-up lap."Dari hasil penelitian kami, penghangatan tidak berdampak pada grip, tapi bisa berfungsi saat warm up. Jadi ban memang harus dipakai kira-kira 1 lap dulu untuk bisa panas. Banyak pembalap yang mengeluh grip ban di saat baru dipakai. Tapi itu bukan grip, itu hanya saat warm up, lap pertama atau lap kedua, mungkin kau harus menekan lebih lagi di 1 lap agar bannya dalam kondisi bagus," ," kata Piero Taramasso dilansir dari Motomatters.com.

baca juga: Nissan Segera Rilis Ariya, SUV Bertenaga Listrik

Setelah itu, ban hanya membutuhkan setidaknya satu lap untuk bisa digunakan secara optimal.



baca juga: Ayah Lorenzo Ungkap Anaknya Sedang Didekati oleh Ducati

Editor: Ramadhani