Dorna Siap Gelar MotoGP Tanpa Penonton

MotoGP
MotoGP (net)

KLIKPOSITIF - Pemilik lisensi MotoGP, Dorna Sports telah membatalkan seri pembuka yakni Grand Prix (GP) Qatar yang rencananya berlangsung di Sirkuit Losail. Selain itu, Dorna Sports juga telah resmi menangguhkan alias menunda lima seri lainnya, yakni GP Thailand, Argentina, Amerika Serikat, Spanyol, dan Prancis.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyebut pihaknya tengah mencari cara agar MotoGP 2020 bisa 'diselamatkan'. Hal itu penting demi menyelamatkan finansial tim-tim balap peserta. Salah satu opsi yang bakal dipilih Dorna agar MotoGP 2020 bisa tetap dilangsungkan di saat pandemi seperti sekarang inis adalah dengan menggelar balapan secara tertutup, alias tanpa adanya kehadiran penonton di venue.

baca juga: Bos Ducati Minta Hal Ini pada Andrea Dovizioso Sebelum Cabut

"Lebih baik melakukan balapan di balik pintu tertutup (tanpa penonton) dari pada tidak menggelarnya sama sekali. Dalam kesepakatan, kami harus menggelar minimal 13 balapan dalam situasi normal, dan bukan itu masalahnya. Jika kami bisa menggelar minimal 10 balapan , saya akan sangat senang,"ujar Carmelo Ezpeleta, seperti dilansir Tuttomotoriweb.

Ditundanya GP Prancis, membuat titik mulai MotoGP 2020 memang semakin mengalami pemunduran. Dorna Sports kini tengah melihat situasi apakah GP Italia atau GP Catalunya bisa dijadikan seri pembuka MotoGP musim ini. "Pembatalan GP Prancis membuat kita untuk melihat GP Italia dan GP Catalunya. Kami tak akan menunda balapan sekaligus, kami akan melihat kondisi seri demi seri," jelas Ezpeleta.

Nasib MotoGP 2020 yang ikut terkena imbas pandemi global Virus Corona belum juga jelas. Setiap pekan, bukan kabar baik yang muncul, melainkan pengumuman soal pembatalan atau penundaan seri demi seri.

baca juga: Bertambah 13 Kasus, Positif COVID-19 Tanah Datar Total Jadi 167

Editor: Ramadhani