MotoGP Terdampak Corona, Dorna Bantu Finansial Tim Satelit

MotoGP
MotoGP (net)

KLIKPOSITIF - Dorna memberikan bantuan finansial agar tim satelit di MotoGP terhindar dari kebangkrutan. Penundaan MotoGP 2020 membuat sejumlah tim, khususnya tim satelit seperti LCR Honda , Pramac Ducati, serta Petronas Yamaha SRT tak mendapat pemasukan dari pihak sponsor.

Sistem kontrak sponsor antara tim satelit dan pabrikan berbeda. Tim satelit membutuhkan balapan agar sponsor mau menggelontorkan uang.

baca juga: Bos Ducati Minta Hal Ini pada Andrea Dovizioso Sebelum Cabut

"Melalui IRTA (Asosiasi Tim Balap), tim independen (satelit) MotoGP akan mendapat bayaran di muka selama bulan April, Mei, dan Juni," kata Dorna dalam keterangan Dorna di laman resmi MotoGP, Sabtu (4/4/2020).

Hal tersebut dilakukan terlepas dari apakah balapan MotoGP dimulai kembali atau tidak. Ini untuk menjamin kesejahteraan ekonomi tim independen dan staf mereka.

baca juga: Vinales Ingin Buas di Balapan Sesungguhnya

Dorna tak hanya memberi bantuan untuk tim-tim satelit MotoGP. Tim peserta Moto2 dan Moto3 juga dipastikan mendapat kucuran dana. "Hal ini untuk menjamin kesejahteraan ekonomi Tim Independen dan staf mereka, serta untuk memastikan penghidupan mereka untuk masa mendatang," tulis Dorna.

Wabah virus Corona membuat kepastian kapan bergulirnya seri perdana MotoGP 2020 belum jelas. Hingga kini, Dorna telah membatalkan seri GP Qatar, dan menunda lima lainnya: Thailand, Argentina, Amerika Serikat, Spanyol, dan Prancis.

baca juga: Jika Dapat Izin Balapan MotoGP di Valencia Akan Hadirkan Penonton

Editor: Ramadhani