KONI Sumbar Akan Lakukan Tes Urin untuk Atlet Lolos PON XX Papua

Latihan bersama atlet lolos PON XX Papua
Latihan bersama atlet lolos PON XX Papua (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Sumatera Barat akan melakukan tes kesehatan dan tes urin untuk menghindari penggunaan Narkoba terhadap atlet yang terpilih pada PON XX Papua . Kedua tes itu dilakukan untuk menjaga atlet agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Ini akan dilakukan jelang keberangkatan ke Papua . Waktu pelaksanaannya belum jelas karena kita masih berkoordinasi dengan Badan Nasional Narkotika (BNN). Pelaksanaan ini untuk menjaga kesehatan atlet dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan di lapangan nantinya," katanya saat menghadiri TC berjalan di GOR H Agus Salim Padang, Sabtu, 1 Februari 2020.

baca juga: Sumut dan Aceh Jadi Tuan Rumah PON 2024

Ia mengatakan tes ini juga untuk menjaga atlet selama TC berjalan agar tak melakukan hal-hal yang bisa merugikan dirinya sendiri. "Sehingga kita juga sudah mengingatkan dari awal kepada mereka agar menjaga diri, baik kesehatan dan sebagainya. Bagi atlet yang ketahuan memakai Narkoba dan obat terlarang lainnya maka akan langsung di diskualifikasi. Kita akan batalkan keberangkatannya jika ketahuan menggunakan hal itu," jelasnya.

Selain itu, disiplin juga jadi catatan tersendiri selama TC berjalan. Bagi yang tak mengikuti TC berjalan ini dengan serius, tentunya ini juga jadi catatan. "Kita juga tak segan-segan mencoret namanya dari daftar atlet," tuturnya.

baca juga: Sempat Berpolemik, Pengurus KONI Kabupaten Solok Periode 2020-2024 Akhirnya Dilantik

TC berjalan sudah dimulai hari ini dan akan dilaksanakan selama enam bulan. Setelah TC berjalan, maka akan dilakukan TC terpadu untuk semakin memperkuat atlet dalam persiapan menghadapi PON XX Papua . (*)

Editor: Fitria Marlina