Lolos ke Semifinal, Ini Kata Pemain Timnas Indonesia U-22

Pemain Timnas U-22 merayakan gol ke gawang Laos
Pemain Timnas U-22 merayakan gol ke gawang Laos (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Kapten Tim Nasional Indonesia U-23, Andy Setyo mengatakan bahwa kerja keras menjadi kunci sukses membawa Indonesia lolos ke semi final. Garuda Muda memastikan diri lolos ke babak semi-final SEA Games 2019 setelah mengalahkan Laos dengan skor 4-0 di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12) sore.

Dengan kemenangan ini, Indonesia sebagai runner-up Grup B karena di saat bersamaan pada laga lainnya Vietnam bermain imbang 2-2 dengan Thailand. Anak asuh Indra Sjafri akan menantang Myanmar sebagai pemuncak Grup A untuk memperebutkan satu tiket ke babak final SEA Games 2019.

baca juga: Dibantai Vietnam 0-3, Timnas Indonesia U-23 Gagal Persembahkan Medali Emas

"Alhamdulillah, ini berkat kerja keras semua pemain. Semoga di semi final nanti meraih hasil positif juga," kata Andy melansir PSSI.org.

"Yang jelas setiap ada pertandingan, kami melakukan recovery. Semua koordinasi dengan dokter dan keluhan ditangani di situ. Semoga itu menjadi motivasi buat saya untuk bermain lebih baik. Myanmar saya tak banyak tahu yang jelas kami para pemain semua siap untuk pertandingan melawan mereka," tambah Andy. 

baca juga: Babak Pertama, Timnas Indonesia U-23 Tertinggal 0-1 dari Vietnam

Andy menyatakan bahwa motivasinya para pemain bukan soal uang. Karena ia dan teman-temannya bertarung buat negara, apapun hasilnya yang penting berjuang dulu di lapangan.

"Buat saya tak ada kendala. Kami sudah bergabung sejak lama, sudah tahu karakter masing-masing pemain di belakang. Yang jelas, komunikasi itu penting, yakni komunikasi antar pemain. Tidak ada masalah sama sekali. Asal komunikasi jalan, semuanya nyaman.  Semua pemain bekerja keras di situ buat mempertahankan agar kami tidak kebobolan," jelasnya.

baca juga: Wagub Sumbar Ajak Masyarakat Doakan Skuad Garuda Muda di Partai Final Sea Games 2019

Sementara, gelandang Indonesia, Sani Rizki juga bersyukur membawa lolos Garuda Muda ke semifinal. Selanjutnya ia berharap terus fokus dan siapkan mental. 

"Mudah-mudahan target juara alias meraih emas bisa tercapai. Kami mohon dari masyarakat Indonesia. Insya Allah kami bisa menjadi juara.  Lawan Myanmar? Myanmar kami pernah bertemu di Piala AFF U-23 2019.  Myanmar adalah tim agresif, cepat, dan bagus," kata Sani.

baca juga: Timnas Indonesia U-23 Ingin Cetak Sejarah di Stadion Rizal Memorial

Penulis: Rezka Delpiera