SEA Games 2019: Hadapi Vietnam, Timnas Indonesia Diuntungkan Lapangan Pertandingan

Evan Dimas Darmono
Evan Dimas Darmono (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Tim nasional Indonesia siap adu strategi dan taktik dengan Vietnam pada laga ketiga penyisihan Grup B, SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Timnas Indonesia akan berjuang untuk menjaga tren kemenangan pada pertandingan yang akan dilaksanakan di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Minggu (1/12).

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri menyatakan, laga Indonesia lawan Vietnam akan berlangsung ketat dan seru. Kedua tim sama-sama sudah mengantongi dua kemenangan dan berupaya mengambil posisi teratas Grup B, yang juga diisi Thailand, Singapura, Laos dan Brunei Darussalam.

baca juga: Ketua PSSI Sebut Ada Program Pelatihan Timnas Selama di Hotel

"Tentu kita sudah siap untuk adu strategi dan taktik. Yang paling penting, pemain harus fokus dan tidak membuat banyak kesalahan. Seperti halnya kita, Vietnam pun pasti sudah mempelajari gaya permainan Indonesia. Mudah-mudahan kita tampil sebagai pemenang," kata Indra melansir PSSI.org.

Persiapan jelang laga ini pun terus dimatangkan pada sesi latihan Sabtu pagi dan sore. Tim berlatih ringan di hotel dan Stadion Rizal Memoriam. Tim Garuda Muda telah siap dan percaya diri bekal dua kemenangan atas Thailand dan Singapura dengan skor identik 2-0.

baca juga: Piala AFF 2020 Diundur, Ini Komentar Kiper Timnas Indonesia

Manajer Timnas Indonesia , Sumardji menambahkan, "Tidak ada alasan bagi kita untuk takut lawan Vietnam. Semua pemain telah siap baik moral maupun mental. Pemulihan cedera dan stamina kita harapkan bisa dilakukan cepat," kata Sumardji.

Vietnam juga sedang percaya diri tinggi dengan bekal kemenangan besar 6-0 atas Brunei dan 6-1 atas Laos. Hal minus dari Vietnam, mereka sebelumnya tidak pernah bertanding di Stadion Riza Memoriaml. Kondisi ini bisa dimanfaatkan Indonesia yang selalu bermain di Stadion Rizal Memoriam.

baca juga: Demi Piala Dunia, Pemerintah Kucurkan Rp50,6 Miliar Untuk TC Timnas U-19

"Ya, kita akan menganalisa semua faktor. Tentu saja kami mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia baik yang datang ke Stadion maupun yang menyaksikan lewat siaran langsung," ujar Sumardji.

Penulis: Rezka Delpiera