Pemkab Pasbar Berharap Balap Motor Masuk Cabor dalam Porprov Sumbar 2020

Balap motor di Pasbar
Balap motor di Pasbar (Eko Darmawan)

PASAMAN BARAT , KLIKPOSITIF -- Pelaksana Tugas Bupati Pasaman Barat Yulianto, puji kinerja pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Pasaman Barat , karena telah sukses menyelenggarakan event Kejurnas Gasstrack Regional 1A Putaran IV di daerah itu.

"Meski berdirinya kepengurusan IMI di Kabupaten Pasbar masih hitungan bulan, namun telah sukses menyelenggarakan event besar Kejurnas Gasstrack Regional 1A Putaran IV di Sirkuit permanen Citra Baru kinali, pada Sabtu (7/9) lalu," kata Yulianto.

baca juga: PKS dan PDIP Bergandengan di Pilkada Pasbar, Ini Alasannya

Menurutnya, balap motor Grastrack (Motor Cross) dan Road Race yang ada di bawah naungan IMI ini sangat diminati berbagai kalangan masyarakat, apa lagi para kaum milenial.

Yulianto berharap, dengan adanya olahraga ini di Pasbar dapat mengkordinir bakat anak muda di bidang otomotif. Sebab selama ini, pergerakan dan kreativitas bakat anak muda dibidang otomotif tidak tersalurkan dengan baik.

baca juga: Pandemi Corona Membuat PMI Pasbar Krisis Stok Darah

"Kita sangat apresiasi dan akan mendukung penuh serta akan mengakomodir keinginan IMI untuk memasukkan Cabang olahraga Balap Motor di Porprov 2020 mendatang," ujar Yulianto.

Sementara itu, salah seorang anggota DPRD Pasbar dari Fraksi Golkar, Daliyus K menikai, olahraga balap motor ini adalah salah satu alternatif kegiatan positif untuk kaum milenial.

baca juga: Tiga Warga Pasbar Positif Corona, Satu Diantaranya Meninggal Dunia

"Saya berharap, balap motor ini dimasukkan menjadi salah satu cabor yang ikut diperlombakan dalam ajang Porprov 2020 mendatang. Sebagai tuan rumah porprov, ini suatu ide bagus dan terobosan terbaru bagi kita semua," harapnya.

Ketua Korwil IMI Pasbar Decky H Sahputra menambahkan, ada sebanyak 241 stater yang berasal dari enam provinsi di pulau Sumatera yang ikut bertanding di Kejurnas Grasstrack di Sirkuit Citra Baru Tempurung Kinali. 

baca juga: Ini Profil Mantan Wali Nagari Kinali yang Dampingi Petahana di Pilkada Pasbar

Di samping itu kata Decky, kesiapan IMI untuk menyelenggarakan cabor balap motor di dua cabang yakni Grasstrack dan Road Race pada porprov 2020 nanti telah oke.

Artinya IMI mendukung penuh cabor balap motor menjadi salah satu cabor yang diperlombakan di porprov mendatang di Pasbar . karena fasilitas yang dimiliki Pasbar saat ini telah siap digunakan untuk sebagai tuan rumah cabor balap motor.

Saat ini, Pasaman Barat telah memiliki sirkuit permanen yakni Sirkuit Permanen Citra Baru Tempurung Kinali untuk Grasstrack dan Sirkuit Non Permanen Bandara Pusako Anak untuk Road Race.

Ungkap Decky, jika cabor Grasstrack ini diperlombakan di ajang Porprov 2020 nanti, maka Pasaman Barat yang perdana memperlombakan olahraga Grasstrack sejak Porprov ini diselenggarakan di Sumbar.

"Kita berharap kepada Pemerintah Pasaman Barat dan Koni setempat, agar cabor balap motor ini diikut serta kan di ajang porprov nanti nya.

Sejauh ini pihaknya sudah berkomunikasi dan telah sepakat untuk memperlombakan kedua cabang balap motor tersebut. Anggaran dari IMI pun sudah diajukan ke Koni setempat.

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Iwan R