Direnovasi, Jokowi Sebut Stadion Ini Layak Jadi Venu Event Internasional

Stadion Manahan, Solo, Jateng.
Stadion Manahan, Solo, Jateng. (Kementerian PUPR)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Stadion Manahan yang saat ini sedang direnovasi dan direncanakan rampung September mendatang sebagai ikon baru kota Solo, Jawa Tengah.

“Perkenalkan, ikon baru Kota Solo: Stadion Manahan yang megah dan modern yang rampung bulan September 2019 ini,” tulis Presiden Jokowi melalui fanpage facebooknya, yang diunggah beberapa saat lalu.

baca juga: Sistem PPDB Tahun Ini Bikin Pelajar Terancam Putus Sekolah, Mario Syahjohan: Harus Segera di Evaluasi

Menurut Presiden, Stadion Manahan kini memiliki tribun stadion berkapasitas 20.000 penonton kursi tunggal yang dihiasi motif batik Kawung. Lapangannya ditanami rumput jenis Zoysia Japonica, sama dengan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Tribunnya juga beratap agar penonton aman dari hujan dan panas,” sambung Presiden.

baca juga: Meski Mirip Jari Orang Mati, Penampakan di Foto Ini Jamur Loh

Kepala Negara juga menjelaskan, Stadion Manahan diterangi cahaya lampu hingga 1.500 lux, dilengkapi papan skor elektronik besar, dan di ruang ganti pemainnya ada kolam berendam air panas untuk setiap tim.

“Dengan begitu, Stadion Manahan layak menjadi venue event olahraga skala nasional dan internasional,” pungkas Kepala Negara.

baca juga: Legislator: Biro Perjalanan Terancam Aplikasi Tiket 'Online'

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pembangunan Stadion Manahan dimulai sejak Agustus 2018 lalu, dan saat ini progresnya sudah mencapai 96%. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mentargetkan pembangunan stadion berkapasitas 20.000 penonton itu akan rampung sesuai jadwal yakni bulan September 2019.

Dalam pembangunan stadion tersebut, Menteri PUPR menugaskan Ditjen Cipta Karya untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Solo. Biaya konstruksinya sebesar Rp 301,33 miliar dikerjakan. (*)

baca juga: Piutang Pemerintah ke BUMN, Nusron: Sama Saja Utang ke Rakyat

Penulis: Eko Fajri