GABSI Sumbar Seleksi Atlet untuk Pra Pon Kendari 2019

Selekprov para atlet bridge Sumbar.
Selekprov para atlet bridge Sumbar. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Untuk mempersiapkan atlet yang akan diterjunkan pada Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) 2019 Kendari, Sulawesi Tenggara, 10 hingga 15 Oktober 2019, Pengurus Provinsi (Pengprov) Gabungan Bridge Seluruh Indonesia ( GABSI ) Sumbar menggelar seleksi tingkat provinsi (Selekprov).

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Aula Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III, Jalan Jati No.109, Padang, Minggu (23/6). Wakil Ketua Umum GABSI Sumatera Barat, Suardi mengatakan, jumlah peserta yang ikut ambil bagian dalam seleksi terdiri dari 10 pasangan dari sebelumnya yang akan ikut 15 pasangan.

baca juga: Pengelola Wisata Serahkan Satwa Dilindungi ke BKSDA Agam

Atlet ini berasal dari utusan Pengurus Cabang (Pengcab) kota Padang, Kabupaten Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Padang Pariaman, Tanah Datar, Pesisir Selatan dan Pariaman. Potensi kekuatan para atlet daerah yang paling banyak berpartisipasi di pagelaran ini masih dikuasai oleh Pengurus Kota (Pengkot) Padang dan Tanah Datar yang mengirim dua wakilnya.

"Seleksi kali ini diikuti oleh 10 pasangan yang berasal dari Pengcab di seluruh Sumbar . Sijunjung dan Tanah Datar penyumbang atlet terbanyak seleksi dengan masing-masing dua pasangan,” kata Suardi.

baca juga: Ini 7 Regulasi Baru yang Mungkin Dipakai di Liga 1 2020

Suardi menyebutkan, dari hasil Selekprov ini nantinya akan dipilih tiga pasangan putra. Tiga pasang itu ditambah tiga pasangan putri akan disiapkan untuk tampil di ajang Pra Pon Kendari untuk merebut tiket PON Papua 2020.

“Selekprov ini akan berlangsung sampai minggu depan untuk putra, sedangkan untuk putri kita sudah memiliki atletnya. Kita akan finalkan hasilnya di hari minggu nanti untuk mendapatkan tiga pasangan tersebut. Yang jelas kita serius menyiapkan tim dengan proses seleksi yang independen tanpa ada intervensi dari siapapun," tambahnya.

baca juga: DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

"Pasangan yang terpilih nanti kita akan melakukan trainning center (TC), kita ingin tim kita sudah siap mulai 28 September nanti," sambungnya.

Dari pasangan yang didapat nanti, Suardi berharap atlet-atlet ini dapat bersaing dalam Pra PON. Harapan awalnya jelas pasangan putra dan putri ini mampu meloloskan diri ke PON Papua 2020. "Sebelumnya kita hanya mengirim atlet campuran di PON Jawa Barat 2016, kita ingin di PON Papua kita bisa meloloskan atlet pasangan putra dan putri dan mereka bisa meraih medali," lanjutnya.

baca juga: Elkan Baggott Terancam Tak Lagi Ikut TC Timnas Indonesia U-19

"Kita melihat potensi untuk itu ada, karena semua pemain kita kemampuannya merata dan tidak kalah dengan atlet-atlet dari Jawa Tengah, Jakarta dan daerah lainnya. Yang jelas, kita pengurus berkomitmen membawa Gabsi Sumbar berprestasi," tutupnya. (*)

Penulis: Agusmanto