Honda Tak Akan Ubah RC213V Demi Bantu Lorenzo

Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo (net)

KLIKPOSITIF -Team Manager Honda Alberto Puig mengatakan Honda tidak akan mengubah RC213V selama Marc Marquez terus menang. Perubahan pada motor tersebut tidak akan dilakukan hanya untuk membantu Jorge Lorenzo yang tengah kesulitan.

Walau motor RC213V sulit ditaklukkan, Marquez menikmati kesuksesan besar dengan Honda. Dalam tiga musim terakhir, ia mendominasi kejuaraan dunia MotoGP, dan saat ini memuncaki klasemen sementara.

baca juga: Tak Podium Tiga Kali Beruntun, Quartararo Masih Optimis Juara Dunia

Berbeda nasib, Lorenzo malah terseok saat menunggangi RC213V. Direkrut sebagai pengganti Dani Pedrosa, pembalap berjuluk X-Fuera belum juga mampu mencetak raihan balapan yang menggembirakan.

Pada akhir pekan di Mugello, Lorenzo menyebut, serta merasa performa superior Marquez membuat Honda enggan melakukan perubahan pada RC213V. Hal yang lalu dibenarkan Puig.

baca juga: Dovizioso Mengaku Sangat Sulit Bersaing untuk Juara Dunia

"Jorge yang tidak beradaptasi dengan motor tidak berarti buruk. Yang tidak bisa kita lakukan adalah mengubah motor hanya karena satu pembalap tidak bisa beradaptasi, terutama jika Marc menang,” ujar Puig dilansir dari Motorsport.

Dalam kesempatan sama, Lorenzo mengatakan, sejumlah komponen yang pernah dikerjakannya di Jepang sudah akan digunakan di Catalunya akhir pekan ini – dengan pembaruan lain pada sisi ergonomi di Assen.

baca juga: Pengamat MotoGP Lihat Sosok Jorge Lorenzo dan Max Biaggi pada Franco Morbidelli

Sembari menekankan bahwa kunjungan ke Jepang takkan serta merta menghasilkan kemenangan atau podium, namun Lorenzo mengakui, adalah tanggung jawabnya untuk lebih memahami paket RC213V.

“Tapi yang pasti jika saya akan lebih nyaman dengan motor, saya akan lebih kompetitif. Itulah mengapa kami memutuskan untuk melakukan perjalanan besar ke Jepang, untuk mempercepat proses ini sesegera mungkin, dengan kemungkinan yang kami miliki," ujarnya.

baca juga: Kasus Covid-19 di Spanyol Terus Meningkat, MotoGP Valencia Tetap Digelar

Penulis: Ramadhani