Dua Wakil Indonesia Tembus Final Swiss Open 2019

Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin di final
Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin di final (PBSI)

KLIKPOSITIF -- Indonesia mengirim dua wakil ke laga puncak turnamen Swiss Open 2019. Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi wakil pertama yang lolos dengan menumbangkan wakil Taiwan, Lu Ching Yao/Lee Chia Hsin, dengan skor 21-13, 19-21, 21-9.

Wakil kedua yang lolos adalah pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Unggulan keempat ini mengalahkan Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris), dengan skor 21-16, 21-19.

baca juga: Sejarah Thomas Cup, Piala Davis Versi Bulutangkis yang Dirancang Sebelum Perang Dunia II Pecah

"Di game pertama kami bisa menerapkan permainan dengan baik. Tapi di game kedua, lawan menemukan pola main mereka. Pertandingan jadi ramai dan kami kejar-kejaran poin. Alhamdulillah kami bisa menang di poin kritis," ujar Rian melansir Badmintonindonesia.org.

"Memang tadi banyak problem di servis, dua kali dinyatakan fault. Kalau soal servis, yang terpenting itu keyakinan, rasa percaya dirinya harus ditingkatkan. Di game kedua, lawan memang menemukan ritme permainan. Saya sudah mengantisipasi kalau lawan mereka, tidak mau terpancing emosi," jelas Fajar.

baca juga: Penantian Panjang Juara Piala Thomas Berbuah Manis, Ini Respon Jokowi

Di babak final, Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Kedua pasangan ini tercatat belum pernah saling bertemu.

"Kebanyakan pemain Taiwan kan pukulannya kencang, kami harus antisipasi bola no lobpanjang mereka. Kami juga akan pelajari permainan mereka karena mereka pasangan baru, kami akan nonton video pertandingan mereka dan diskusi dengan pelatih soal strategi yang akan diterapkan," beber Rian.

baca juga: Puasa Gelar Hampir 2 Dekade Berakhir, Menpora: PBSI Berhasil Siapkan Regenerasi Atlet

Babak final Swiss Open 2019 akan dilangsungkan besok, Minggu (17/3), mulai pukul 12.00 waktu Basel atau sekitar pukul 18.00 WIB. 

Penulis: Rezka Delpiera