Dua Pelajar Sijunjung Masuk Skuat Timnas untuk Olimpiade Disabilitas Internasional

Dua Siswa SLB Aisyah Sijunjung (Tengah) yang masuk daftar skuat timnas di ajang olimpiade internasional disabilitas
Dua Siswa SLB Aisyah Sijunjung (Tengah) yang masuk daftar skuat timnas di ajang olimpiade internasional disabilitas (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Dua pelajar asal Kabupaten Sijunjung mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang olimpiade penyandang disabilitas internasional.

Ajang empat tahunan ini disebut Special Olympics Wolrd Summer Games (SOWSG) 2019 yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada 8-21 Maret 2019 mendatang.

baca juga: Terkait Pencabutan Status CPNS Penyandang Disabilitas, Ini Klarifikasi BPK RI

Kedua pelajar tersebut adalah Afrian Ari Irawan dan Fauzi Symdika, yang merupakan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Aisyah Sijunjung.

Kepala Sekolah SLB Aisyiyah Sijunjung, Yulidarti mengatakan, anak didiknya tersebut merupakan atlet yang tergabung dalam Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Sijunjung untuk cabang olahraga Bola Volly.

baca juga: Kasus Virus Corona di Sumbar bertambah 27 per 27 Mei, Jubir: Sijunjung Catatkan 7 Kasus Perdana

Ia menyebutkan, kepastian anak didiknya berangkat berdasarkan surat Pengurus Pusat SOIna Nomor 005/SOWSG XV/PP SOIna VIII 2018 Tentang penunjukan atlet dan pelatih Special Olympics Wolrd Summer Games Tahun 2019.

Diketahui pula, Aatlet SOIna Provinsi Sumbar yang terpanggil untuk mengikuti Pelatnas sebanyak 5 orang.

baca juga: Ketua PPDI Kota Padang: Masih Banyak Penyandang Disabilitas Belum Terima BLT

"Dari 5 orang atlet perwakilan Provinsi Sumatera Barat, 2 orang diantaranya adalah atlet kita dari Kabupaten Sijunjung ," katanya di Sijunjung, Kamis 7 Februari 2019.

Yulidarti menambahkan, sebelum diberangkatkan ke Abu Dhabi, keduanya harus mengikuti pelatihan nasional (Pelatnas) di Rusunawa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

baca juga: Organisasi Disabilitas Rungu Sumbar Minta Gubernur Penuhi Hak Informasi di Tengah Pandemi COVID-19

"Semua capaian ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga (Parpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesi (KONI) Kabupaten Sijunjung ," ucapnya.

Sementara itu, Ketua SOIna Kabupaten Sijunjung , En Yuswir Arifin mengatakan, pihaknya selalu mendukung atlet-atlet penyandang disabilitas untuk meraih prestasi.

"Semoga atlet kita dapat mengharumkan nama tanah air pada umumnya, khususnya membanggakan Kabupaten Sijunjung di kancah internasional nantinya," pungkasnya kemudian.

[Muhamad Haikal]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa