Untuk 2019, KONI Limapuluh Kota Ajukan Anggaran Pembinaan Sebesar Rp2,5 Miliar

Ketua KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Davis Emha
Ketua KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Davis Emha (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF  -- Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Limapuluh Kota -Sumbar mengajukan dana pembinaan untuk 2019 kepada Pemerintah Daerah (Pemda) sebanyak Rp2,5 miliar. Besaran dana yang diajukan tersebut sama dengan jumlah yang diterima KONI saat melakukan persiapan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar 2018 XV di Padang Pariaman.

Ketua KONI Kabupaten Limapuluh Kota , Davis Emha menyebut, meski pada 2019 nanti tidak ada event Porprov yang akan diikuti, tapi dana pembinaan yang dibutuhkan tetap besar, karena pihaknya ingin memberi kesempatan kepada atlet-atlet binaan KONI untuk bisa melakukan try out ataupun mengikuti berbagai kejuaran ke luar daerah pada 2019.

baca juga: Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong di Lima Puluh Kota

"Karena alasan itu, kita mengajukan dana pembinaan untuk 2019 kepada Pemda sebesar Rp2,5 M," katanya kepada KLIKPOSITIF , Kamis 13 Desember 2018.

Try out ataupun mengikuti kejuaraan di luar daerah sudah terbukti mampu memberikan efek prestasi terhadap atlet. Hal itu bisa terlihat dari capaian beberapa cabang olahraga Kabupaten Limapuluh Kota pada Porprov Sumbar 2-18 XV.

baca juga: Jelang PON XX Papua, Atlet Sumbar Terima Insentif dan Suplemen

"Seperti pada Porprov, cabang judo dan balap sepeda mampu meraih cukup banyak medali karena atletnya berkesempatan untuk berlatih dan melakukan try out ke luar daerah sebelum Porprov. Dan kalau itu dilakukan dari jauh-jauh hari tentu akan memberikan efek yang tentunya lebih signifikan," jelas Davis.

Dikatakannya, mengikuti ajang kejuaraan di luar daerah penting untuk peningkatan kemampuan atlet karena di Sumbar sendiri cukup minim iven-iven olahraga yang bisa terus memacu keinginan atlet untuk bisa menjadi lebih baik.

baca juga: SPH Serahkan Donasi Suplemen dan Vitamin untuk Atlet Sumbar yang Akan Bertanding di PON XX Papua

Selain itu, sarana dan prasana yang dimiliki beberapa daerah di luar Sumbar juga lebih baik, sehingga atlet bisa berlatih dengan maksimal dan terus meningkatkan kemampuan.

"Persaingan di luar juga lebih ketat karena atlet mereka juga lebih banyak. Kita juga berharap atlet Kabupaten Limapuluh Kota tidak hanya mampu bersaing di tingkat provinsi tapi juga ke tingkat nasional ataupun internasional," pungkasnya kemudian.

baca juga: Persiapan PON Papua, KONI Sumbar Jalin Kerja Sama Dengan BPJS

[Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Iwan R