Pendataan Atlet di Porprov XV Gunakan Aplikasi Sidragon

Rakor sistem pendataan atlet Porprov XV
Rakor sistem pendataan atlet Porprov XV (Ist)

KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menjalankan kebijakan baru terkait pendataan atlet, yakni Sistem Pendataan Keolahragaan Secara Online (Sidragon). Sistem ini langsung dipakai untuk menginput data atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Kabupaten Padang Pariaman.

Ketua Koordinator Sidragon Rasydi Sumetri mengatakan, Sidragon ini merupakan arahan dari Gubernur Sumatera Barat guna mendata atlet tidak hanya satu iven Porprov saja, namun juga untuk seluruh ajang multi iven yang dilaksanakan Sumbar.

baca juga: Jelang PON XX Papua, Atlet Sumbar Terima Insentif dan Suplemen

Aplikasi ini dikatakan Rasydi Sumetri tidak hanya membantu peran Pemprov Sumbar, KONI Sumbar, serta Pengprov cabang olahraga, namun juga membantu KONI kabupaten/kota untuk database atlet.

"Jadi Sidragon ini menyimpan data atlet yang pernah bermain di ajang multi iven Sumbar. Serta dapat melacak data atlet yang bertanding di Porprov XV hingga Porprov selanjutnya,"ujar Rasydi Sumetri.

baca juga: SPH Serahkan Donasi Suplemen dan Vitamin untuk Atlet Sumbar yang Akan Bertanding di PON XX Papua

Ketua KONI Sumbar Syaiful menambahkan, aplikasi Sidragon merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, bukan ujuk-ujuk diadakan secara mendadak.

Akan tetapi Gubernur Sumatera Barat Prof.Dr Irwan Prayitno sudah menyurati Bupati dan Walikota se Sumbar agar memakai Aplikasi Sidragon untuk database atlet masing-masing daerah.

baca juga: Persiapan PON Papua, KONI Sumbar Jalin Kerja Sama Dengan BPJS

Aplikasi Sidragon ini disampaikan Syaiful sudah menghadirkan sebuah solusi dari permasalahan database atlet secara keseluruhan yang selama ini tidak dimiliki oleh Pemprov maupun KONI Sumbar.

KONI Sumbar pun ditegaskan Syaiful akan mencabut medali yang sudah diterima atlet luar Sumbar yang bermain di Porprov XV, apabila dinyatakan bermasalah.

baca juga: KONI Padang Panjang Turunkan Tim Monev, IPSI Keluhkan Sarpras Latihan

"Tujuan kita tentu agar hak hak atlet lokal bisa dinikmati mereka sendiri. Jangan sampai atlet luar pula yang menikmati dana daerah kita. Kita beri kesempatan atlet ber KTP Sumbar bermain bebas di daerah manapun sesuai peraturan umum dan khusus Porprov," jelas Syaiful. [rel]

Penulis: Rezka Delpiera