Angkas Besi Sumbang 1 Emas, Indonesia Bertahan di 5 Besar

Eko Yuli Irawan
Eko Yuli Irawan (Media Indonesia)

OLAHRAGA, KLIKPOSITIF -- Cabang olahraga Angkat Besi menyumbangkan satu medali emas di nomor putra 62 kilogram. Raihan bergengsi tersebut disumbangkan oleh atlet Eko Yuli Irawan.

Eko Yuli Irawan sendiri memang merupakan atlet yang jadi andalan federasi Angkat Besi (PABBSI) untuk meraih medali emas, setelah Sri Wahyuni Agustiani gagal mencapainya di pertandingan yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin 20 Agustus 2018 kemarin.

baca juga: Atlet Indonesia Sabet Emas dan Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi di Korea Utara

"Eko Yuli memang ditargetkan untuk meraih medali emas, karena memang kami menargetkan bisa raih dua emas dari Eko dan Yuni. Namun Yuni sudah memberikan yang terbaik dengan perolehan medali perak," kata Ketua Umum PB PABBSI Roslan P Roeslani dikutip dari Suara.com-jaringan KLIKPOSITIF .

Di sisi lain, cabang olahraga wushu juga telah menambah satu medali perunggu yang diraih oleh atlet Ahmad Hulaefi di nomor Daoshu & Gunshu Putra.

baca juga: Lifter Indonesia Raih Emas di Piala Dunia Angkat Besi 2019 China

Kemudian medali perunggu juga disumbangkan oleh cabang olahraga Bulutangkis di nomor beregu putri. Medali tersebut diraih oleh 10 atlet.

Mereka adalah Fitriani, Gregoria Mariskan Tunjung, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris, Rizki Amelia Pradipta, Liliyana Natsir, Debby Susanto, Ruselli Hartawan dan Ni Ketut Mahadewi Istarani.

baca juga: Bonus Atlet Limapuluh Kota Peraih Emas Porprov Sumbar 2018 Tidak Naik

Dengan raihan tersebut, tercatat Indonesia telah mengumpulkan 11 medali dengan 5 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Hanya saja tambahan emas dari Eko Yuli belum mampu menggeser posisi Korea Selatan di peringkat 3 klasemen peraihan medali Asian Games dengan total 26 medali .

Indonesia saat ini masih bertahan di peringkat empat. Kendati begitu, Indonesia masih memiliki peluang untuk menyusul Korea Selatan yang telah mengumpulkan 5 emas, 10 perak dan 11 perunggu.

baca juga: Pebalap Motor Sawahlunto Sabet Emas di Porprov XV

Pada klasemen peraihan medali , Indonesia dibayangi oleh Korea Utara yang bertengger di peringkat kelima. Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Selatan tersebut saat ini telah mengumpulkan 7 medali yang diantaranya 4 emas, 1 perak dan 2 perunggu.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa