Finish ke 12 di Qatar, Morbidelli Kaget

Franco Morbidelli
Franco Morbidelli (Net)

MOTOGP , KLIKPOSITIF -- Pembalap Marc VDS, Franco Morbidelli , mengaku terkejut dengan hasil balapan perdananya di kelas Grand Prix di sirkuit Losail, Qatar akhir pekan lalu.

Morbidelli menjadi rookie terbaik dengan start dari posisi ke-14, pembalap Italia itu menyelesaikan balapan di posisi ke-12, bahkan ia lebih baik dari rekan setimnya, Thomas Luthi yang juga menjalankan debut.

baca juga: Yamaha Masih Kesulitan Hadapai Kecepatan Ducati, Quartararo Masih Pikir-Pikir Perpanjang Kontrak

Dengan hasil tersebut, juara Moto2 musim lalu menorehkan empat poin unggul dua poin atas rookie terbaik setelahnya, Hafizh Syahrin.

Salah satu anak didik Valentino Rossi itu secara gamblang mengaku terkejut mampu lebih kencang dari yang diharapkan, setelah memilih berhati-hati saat awal balapan.

baca juga: Gandeng Amazon, Dorna Buat Serial Dokumenter MotoGP untuk 2022

"Kami mendapatkan hasil bagus pada akhirnya," ujar Morbidelli. "Saya memulai cukup baik, saya memutuskan untuk sedikit tenang pada awalnya, untuk memahami bagaimana paruh awal balapan MotoGP," sebut dia.

Selama balapan, ia mengaku mulai mendapatkan ritme balapan dan mencoba menekan pembalap lain yang ada di depannya.

baca juga: Quartararo Minta Yamaha Meniru Ducati, Ini Permintaannya

"Sejujurnya kecepatannya (RC213V) lebih baik dari yang kami harapkan, jadi saya sangat terkejut," ungkap pembalap asal Italia tersebut.

Awal balapan, Morbidelli bertarung dengan pembalap pabrikan Yamaha dan Ducati, Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo, ia pun menambahkan dirinya mampu sedikit belajar dari mereka.

baca juga: Vinales Sebut Aprilia Harus Tingkatkan Kemampuan Motor Saat Berbelok

"Saya mampu sedikit melihat para pembalap bagus, sedikit belajar dari mereka. Dari Lorenzo, Vinales, dari pembalap kencang lainnya," tambahnya.

Hanya saja ia menilai, metode yang diterapkan pembalap di kelas MotoGP dan Moto2 sangat jauh berbeda.

"Pada lap-lap awal Anda harus sangat agresif, bahkan lebih dari Moto2. Saya sedikit lebih santai saat lap-lap awal karena ingin memahami bagaimana ban bekerja pada awal balapan," beber Morbidelli.

"Saya akan mencoba lebih agresif pada awal balapan selanjutnya," pungkasnya kemudian.(*)

Sumber: Motorsport

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa