Armand Maulana Meriahkan Pembukaan Tour de Singkarak 2017

Armand Maulana Saat Berinteraksi Dengan Masyarakat di Istana Pagaruyung
Armand Maulana Saat Berinteraksi Dengan Masyarakat di Istana Pagaruyung (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Pembukaan iven balap sepeda internasional-Tour de Singkarak 2017 resmi digelar, pada musim ke 9 ini seremonial pembukaan digelar di halaman Istana Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar .

Seremonial pembukaan dipadati oleh masyarakat yang datang dari berbagai kawasan di sekitaran Luhak Nan Tuo tersebut. Selain itu juga dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, pejabat Kabupaten dan pejabat dari Kementerian Pariwisata.

baca juga: Hari Ini 3 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Total Jadi 116 Orang

Selain itu, seremonial pembukaan juga dimeriahkan oleh vokalis band Gigi-Armand Maulana. Ia hadir membawakan sejumlah lagu dan kemudian berhasil mengundang masyarakat untuk berpartisipasi masyarakat Tanah Datar dalam kemeriahan tersebut.

Kabupaten Tanah Datar sendiri terpilih menjadi tuan rumah Pembukaan Tour de Singkarak ke 9 ini, sekaligus mendapat bagian sebagai lokasi start balapan Etape pertama dari Istana Pagaruyung dan finish di Pantai Padang, Kota Padang.

baca juga: Selama Agustus, Warga Tanah Datar Diminta Mengibarkan Bendera Merah Putih

Dalam pembukaan, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menilai, keterlibatan daerah itu menjadi salah satu pendorong kemajuan sektor pariwisata dan membuka banyak lowongan pekerjaan.

"Salah satu dampak yang paling dirasakan adalah ketika Pariangan dinobatkan sebagai desa terindah di dunia dan bertambahnya hotel di daerah kami. Alasan pendorong terciptanya hal tersebut adalah salah satunya dari Tour de Singkarak," katanya.

baca juga: Terpapar Corona, 607 Warga Tanah Datar Diisolasi Mandiri, 96 Orang Dirawat di Rumah Sakit

Keterlibatan Tanah Datar kemudian juga mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata. Deputi Pemasaran Pariwisata Hesty Reko Hastuti menilai, di musimnya yang ke 9 ini, penyelenggaraan Tour de Singkarak sudah semakin profesional.

"Hal itu dibuktikan dengan keberadaan TdS yang sudah masuk ke kalender Wonderful Indonesia di Kementerian, dalam kalender itu hanya ada 100 iven di Indonesia. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi," ucap Hesty.

baca juga: Hari Ini 5 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 59 Orang

Selain itu ia juga menyebutkan bahwa iven Tour de Singkarak ini akan tetap diselenggarakan melalui Kementerian Pariwisata, dengan sisi pembiayaan juga dibantu oleh kementerian negara yang dipimpin oleh Arief Yahya itu.

"Tour de Singkarak ini sudah seperti Tour de France-nya Indonesia. Ini kegiatan balap sepeda pertama yang kemudian menjadi percontohan bagi daerah lain," jelas Hesty kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa