Manajer Repsol Honda Bantah Penundaan MotoGP Untungkan Timnya

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez
Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (net)

KLIKPOSITIF - Akibat pandemi virus corona , gelaran MotoGP 2020 ditunda. Manajer tim Repsol Honda , Alberto Puig membantah penundaan itu menguntungkan timnya. Tudingan diuntungkan itu mencuat lantaran Repsol Honda terlihat kurang siap saat mengikuti tes pramusim.

Mereka disebut kesulitan menemukan setingan motor yang tepat pada tes pramusim yang di Sirkuit Losail, Qatar, 22-24 Februari lalu. Penundaan MotoGP 2020, dinilai bakal menyelamatkan Honda , lantaran jadi punya banyak waktu mengembangkan motor.

baca juga: Pandemi Belum Usai, Lima Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Masker

Puig membantah hal itu. Meurutnya Repsol Honda adalah satu-satunya tim yang telah mengikuti homologasi. Data mengenai rancangan mesin dan sasis sudah dilaporkan ke pihak MotoGP.

Puig lebih setuju apabila narasi yang menguntungkan Repsol Honda menyasar kondisi pebalapnya, Marc Marquez, yang sebelum tes pramusim masih menjalani pemulihan operasi bahu. Penundaan MotoGP 2020, kata Puig, jelas menguntungkan rider Spanyol itu. Marc Marquez jadi punya lebih banyak waktu mempersiapkan diri.

baca juga: Kabar Baik, Vaksin Corona yang Dikembangkan China Hasilnya Menjanjikan

"Yang benar adalah bahwa Marc Marquez mungkin belum sampai kondisi 60 persen saat tes pramusim. Ya jadi benar bahwa penundaan ini mungkin telah membantunya," tandasnya.

Pandemi virus corona telah menyebabkan seri pembuka MotoGP di Qatar dibatalkan dan menunda empat seri berikutnya: Thailand, Amerika Serikat, Argentina dan Spanyol. Nasib MotoGP 2020 kini sedang terkatung-katung lantaran tak memiliki jadwal jelas kapan balapan bisa berlangsung.

baca juga: Foto Parang diatas Sajadah Viral di Media Sosial

Editor: Ramadhani