Atlet Sumbar Mulai Latihan Fisik dan Cek Kesehatan

Atlet Sumatera Barat yang telah lolos dalam latihan bersama ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, mulai melakukan latihan fisik dan cek kesehatan di Convention Hall Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) H Agus Salim Padang
Atlet Sumatera Barat yang telah lolos dalam latihan bersama ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, mulai melakukan latihan fisik dan cek kesehatan di Convention Hall Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) H Agus Salim Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Atlet Sumatera Barat yang telah lolos dalam latihan bersama ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, mulai melakukan latihan fisik dan cek kesehatan di Convention Hall Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) H Agus Salim Padang, Sabtu, 8 Februari 2020.

Ketua Tim Teknis TC PON Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar Fazril Ale mengatakan latihan ini merupakan tes awal untuk melihat kondisi atlet, agar tetap stabil sejak kembali dari Pekan Olahraga Wilayah (Porwil).

"Ada 145 atlet yang ikut dalam tes dan latihan pagi ini. Latihan pagi ini diawali dengan tes labor atau urin dan darah bagi atlet untuk mendukung pelaksanaan tes fisik minggu depan," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan ada sepuluh macam bentuk latihan fisik yang dijalani atlet secara umum, antara lain sit up, sprint 400 M, T- run dan latihan fisik lainnya. "Sedangkan secara khusus latihan fisik akan dilaksanakan di internal pengurus provinsi masing-masing," jelasnya.

Hasil tes kesehatan dan tes fisik ini akan menjadi evaluasi KONI dan pengurus pengurus provinsi cabang olahraga untuk membuat program latihan dalam pelaksanaan TC.

Ia menambahkan program latihan bersama ini untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan atlet Sumbar. "Latihan bersama agar semua atlet bisa menjaga semangat dan kekompakan menjelang PON ini sehingga sekali seminggu diadakan latihan bersama," tuturnya.

Sementara itu konsultan fisik atlet Rina Ambar Dewanti mengatakan latihan tahap awal ini juga bentuk pemulihan fisik atlet sejak kembali dari Porwil dan Kejurnas Pra PON. "Ada atlet yang melakukan recovery selama seminggu dan langsung berlatih dan ada juga yang tidak sama sekali," jelasnya.

Seperti diketahui, latihan bersama ini telah dimulai sejak 1 Februari 2020. Latihan bersama ini akan berlagsung hingga beberapa bulan kedepan. (*)

Editor: Fitria Marlina