Dorna: Philip Island Bisa Jadi Sirkuit Pembuka MotoGP 2020

MotoGP
MotoGP (net)

KLIKPOSITIF-Philip Island disebut bakal jadi sirkuit pembuka balapan MotoGP 2020. Dalam beberapa musim terakhir, banyak pihak, baik pengelola tim dan juga para pembalap yang mengeluhkan mengenai adanya perubahan cuaca eksrem di Phillip Island.

Curah hujan deras yang bisa terjadi sewaktu-waktu di bulan Oktober dituding menjadi biang keladi di balik keluhan-keluhan tersebut. Dilansir dari Speedweek, Dorna selaku penyelenggara MotoGP tengah membuat wacana mengenai pemindahan MotoGP seri Australia di awal musim.

Sejauh ini, MotoGP Australia gagal pindah di bulan Maret lantaran adanya veto dari pihak pengelola lintasan. AGPC (Australian Grand Prix Corporation) selaku pengelola lintasan menganggap bahwa waktu tersebut terlalu berdekatan dengan kejuaraan dunia F1 di Melbourne.

Namun rupanya dalih tersebut tak diterima oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. "Dua ajang tersebut dapat ditangani jika ada jarak empat minggu, seperti lintasan di Barcelona dan Silverstone. Philip Island daoat dipersiapkan untuk menggelar kompetisi jauh du awal tahun." ujar bos Dorna tersebut.

Saat ini Dorna dan AGPC tengah berdiskusi terkait penjadwalan MotoGP 2021.

Editor: Ramadhani