Padangpanjang dan Tanah Datar Tuan Rumah Bersama Porprov 2022 Sumbar

Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar terpilih dan ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII tahun 2022.
Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar terpilih dan ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII tahun 2022. (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar terpilih dan ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII tahun 2022. Kedua daerah itu menang telak atas tiga kabupaten/kota lainnya, yakni Kota Pariaman, Kota Solok, dan Kabupaten Solok Selatan dalam pemilihan yang dilakukan melalui Rapat Kerja (Raker) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat yang berlangsung Jumat-Sabtu (27-28/12 2019) di salah satu hotel di Kota Padang.

Dalam pemilihan yang dilakukan melalui voting, Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar memperoleh delapan suara. Kota Pariaman memperoleh tiga suara, Kota Solok memperoleh lima suara dan Kabupaten Solok Selatan memperoleh dua suara.

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful mengatakan pemilihan dan penetapan tuan rumah Porprov 2022 telah dilaksanakan dengan baik dan demokratis. "Pemilihan tuan rumah dilakukan melalui voting yang dilakukan oleh 18 KONI kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat karena KONI Kota Bukittinggi tidak hadir dengan alasan masih dijalan, namun sampai kegiatan selesai tidak hadir," katanya.

Baca Juga

"Pemilihan dan penetapan dilakukan setelah sebelumnya calon daerah penyelenggara memaparkan kesiapan daerah mereka terhadap seluruh pengurus dan KONI kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat pada Jumat malam (27/12). Sehingga dari pemaparan, masing-masing KONI kabupaten/kota memiliki pertimbangan dalam melakukan pemilihan," tuturnya.

Sebelum pemilihan, sempat terjadi perdebatan soal hak suara yang akan diberikan ke masing-masing calon daerah kabupaten/kota. Misalnya terkait Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar yang tetap memiliki masing-masing satu suara dalam melakukan voting. "Walaupun mereka menjadi tuan rumah bersama, masing-masingnya tetap memiliki satu suara masing-masingnya," kata Ketua Umum KONI sebelum pemilihan.

Pemilihan dilakukan dengan menuliskan angka di kertas yang disediakan oleh panitia. Masing-masing KONI kabupaten/kota memiliki satu hak suara dalam menentukan pilihan terhadap tuan rumah. "Sehingga total suara tetap 18," jelasnya.

Sebelumnya, KONI Sumbar melakukan Raker dengan melakukan pemilihan tuan rumah Porprov XVII tahun 2022, Porprov XVIII tahun 2024, dan Porprov XIX tahun 2026. Raker dihadiri oleh 18 KONI kabupaten/kota di Sumbar. (*)

Editor: Fitria Marlina