KONI Sumbar Lakukan Pemilihan Tuan Rumah Porprov Hingga Tahun 2026

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat melakukan pemilihan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) untuk tiga pelaksanaan Porprov hingga tahun 2026.
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat melakukan pemilihan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) untuk tiga pelaksanaan Porprov hingga tahun 2026. (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat melakukan pemilihan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) untuk tiga pelaksanaan Porprov hingga tahun 2026. Pemilihan dilakukan dalam Rapat Kerja (Raker) KONI se-Sumatera Barat di salah satu hotel di Kota Padang yang berlangsung dari Jumat malam hingga Sabtu siang, 27-28 Desember 2019.

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful mengatakan penetapan untuk tiga daerah sekaligus dilakukan agar kabupaten/kota yang terpilih memiliki waktu panjang dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. "Sehingga ada rentang waktu panjang dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah secara baik dan maksimal," tuturnya.

BACA JUGA: KONI Sumbar Siapkan Bonus Atlet 2,6 M

Baca Juga

Ia mengatakan dalam melakukan pemilihan dan penetapan tuan rumah kali ini, ada lima daerah yang menyatakan siap sebagai tuan rumah. "Pertama Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar yang menyatakan siap sebagai tuan rumah bersama untuk Porprov. Kedua Kota Pariaman, ketiga Kota Solok, dan keempat Kabupaten Solok Selatan," katanya saat memberikan sambutan, Jumat malam (27/12).

Dalam melakukan pemilihan dan penetapan tuan rumah Porprov, ada empat kriteria penilaian yang harus dipenuhi daerah yakni kemampuan tuan rumah, ketersedian sarana, dukungan masyarakat terhadap olahraga dan pengembangan olahraga di daerah itu.

"Dalam pemilihan dan penetapan tuan rumah kali ini, sistem yang dilakukan berbeda. Sebelumnya pemilihan dan penetapan dilakukan berdasarkan pengajuan yang dilakukan ke pemerintah provinsi. Namun untuk pemilihan dan penetapan kali ini, KONI membentuk tim verifikasi untuk menilai kesiapan kabupaten/kota yang mengajukan diri," tuturnya.

Ia berharap dengan adanya pemilihan melalui verfikasi yang dilakukan oleh tm, tidak ada lagi penundaan alasan menjadi tuan rumah. "Sehingga dengan pemilihan langsung untuk tiga tempat pelaksanaan kedepan ada persiapan yang baik bagi tuan rumah," jelasnya.

Dalam Raker yang berlangsung dua hari itu dihadiri oleh Ketua Dewan Penyantun KONI Sumbar Budi Syukur dan perwakilan KONI kabupaten/kota di Sumatera Barat. Selain itu, perwakilan calon tuan rumah juga hadir memberikan presentasi soal kesiapan daerahnya dalam melaksanakan Porprov XVII tahun 2022, Porprov XVIII tahun 2024, dan Porprov XIX tahun 2026. (*)

Editor: Fitria Marlina