Tersangkut Kasus Doping, Iannone Tercancam Batal Balapan Musim Depan

Iannone
Iannone (net)

KLIKPOSITIF-Pembalap Aprilia Andrea Iannone, karena gagal lolos dalam tes doping. Federasi Balap Motor Internasional (FIM) memberi hukuman skors pada Iannone.

FIM mengumumkan pada, Selasa (17/12/2019), bahwa Iannone dinyatakan positif menggunakan steroid berdasarkan hasil sampel urine-nya pada saat gelaran MotoGP Malaysia di Sepang, 3 November 2019 lalu. Berdasarkan hasil pengecekan laboratorium Badan Anti-Doping Dunia (WADA) di Jerman, steroid yang terkandung dalam urine Andrea Iannone masuk dalam daftar zat terlarang.

FIM menyatakan pebalap Italia itu tidak diperbolehkan ikut dalam ajang balap motor apapun sampai pengumuman berikutnya. Skors bagi Andrea Iannone berlaku mulai dari tanggal 17 Desember 2019.

Pihak FIM juga menyatakan bila rider berusia 30 tahun itu memiliki hak untuk pengecekan ulang dan menghadiri penelitian sampel B-nya. 

Akibat tersangkut kasus doping ini, Iannone pun terancam untuk tidak tampil di balapan MotoGP 2020. Bila Andrea Iannone benar-benar tidak bisa ikut dalam balapan MotoGP 2020, maka posisinya kemungkinan besar akan digantikan Bradley Smith yang kini posisinya sebagai pebalap penguji Aprilia.

Penulis: Ramadhani