Yamaha Buka Peluang Terima Zarco, Jadi Pebalap Penguji

Johan Zarco
Johan Zarco (net)

KLIKPOSITIF-Yamaha disebut masih membuka pintu untuk Johann Zarco untuk kembali bergabung. Manajer Tim Yamaha Lin Jarvis mengatakan posisi yang disediakan untuk Zarco hanya sebagai pebalap penguji di musim 2020.

"Saya bicara dengan Johann sepuluh hari lalu dan mengatakan ke dia jika programnya di Honda tak berjalan baik, maka kami masih terbuka untuk mempertimbangkan dirinya sebagai pebalap uji bagi kami," kata Jarvis di sela-sela tes pramusim Valencia, Selasa (19/11/2019), seperti dikutip Reuters.

Jarvis menilai hal paling penting bagi Zarco saat ini sebagai seorang pribadi adalah memutuskan apa yang ingin dilakukan. "Sekarang dia lebih menarik karena dia tak hanya pebalap yang sangat cepat, dia punya pengalaman dengan KTM, dia sekarang punya pengalaman baru. Jadi tak ada hal negatif, hanya positif," tutur Jarvis.

Zarco menjalani musim penuh drama di 2019 ketika dirinya ditendang oleh KTM di tengah musim dan berlabuh di LCR Honda di tiga seri terakhir. Juara dunia Moto2 dua kali asal Prancis itu belum memiliki tim di MotoGP 2020. Semula ia dirumorkan bakal bergabung ke tim pabrikan Honda.

Zarco menjadi kandidat pebalap Repsol Honda, bertandem dengan Marc Marquez, menggantikan Jorge Lorenzo yang pensiun. Namun harapan itu pupus setelah Honda lebih memilih juara dunia Moto2 2019, Alex Marquez, untuk berduet dengan sang kakak, Marc Marquez.

Zarco memiliki pilihan bertahan di MotoGP dengan bergabung ke Avintia Ducati dan juga Marc VDS di Moto2. Namun Yamaha masih mempertimbangkan menarik Rookie Terbaik MotoGP 2017 itu ke divisi pengembangan mereka.

Zarco memperkuat tim Yamaha pada debutnya di kelas MotoGP pada musim 2017. Saat itu ia membalap untuk tim satelit Yamaha, Tech3 yang kini jadi tim satelit KTM. Selama dua musim bersama Yamaha (2017-2018), Johann Zarco enam kali naik podium.

Editor: Ramadhani