Mentawai Ingin Jadi Tuan Rumah Bersama Porprov 2020

Ketua KONI Mentawai Antonius Saleleubaja dan Wakil Ketua II KONI Sumbar Fazril Ale
Ketua KONI Mentawai Antonius Saleleubaja dan Wakil Ketua II KONI Sumbar Fazril Ale (Ist)

KLIKPOSITIF - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mentawai menginginkan menjadi salah satu tuan rumah bersama pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Tahun 2020.

Beberapa venues cabang olahraga bakal disiapkan KONI, jika memang dipercaya menyelenggarakan ajang multi iven olahraga terbesar di Ranah Minang itu.

" Porprov 2020 sudah diambang pintu. Mentawai ingin terlibat sebagai tuan rumah Porprov tahun 2020," ungkap Ketua KONI Mentawai Antonius Saleleubaja dalam sambutannya ketika Musorprovlub KONI setempat, Senin (18/11).

Baca Juga

Antonius menyampaikan, ada beberapa cabang olahraga yang bisa digelar sesuai dengan venues masing-masing pada Porprov mendatang. Cabor dimaksud adalah dayung, tinju, karate, menembak, dan kemungkinan beberapa cabang olahraganya

Keinginan Mentawai menjadi tuan rumah disebutkan Anton bukanlah khayalan semata. Namun dapat diwujudkan, agar olahraga bisa bergairah, menggerakkan roda ekonomi masyarakat, serta menciptakan sejarah baru bagi daerah mampu melaksanakan iven Porprov di tengah keterbatasan.

Apalagi Mentawai gudang atlet, ini peluang sekaligus tantangan bagi olahraga prestasi. Namun perlu faktor pendukung dari pembina, cabang olahraga, sarana dan prasarana guna menghasilkan atlet berkualitas.

"Untuk itu dibutuhkan dukungan semua pihak. Baik pemerintah, insan olahraga Mentawai, dan semua pihak terkait. Insya Allah dapat diwujudkan dan hasil yang diharapkan dapat optimal," tuturnya.

Wakil Ketua II KONI Sumbar Fazril Ale mengapresiasi niat Mentawai, yang ingin melibatkan diri sebagai tuan rumah Porprov XVI bersama tahun 2020 mendatang. Sejak kabupaten berjuluk Bumi Sikerei ini berdiri, belum pernah sekalipun Porprov digelar disini.

Program ini juga sekaligus menjalankan visi misi "Mentawai Sehat" yang digaungkan Bupati dan Wakil Bupati Mentawai pada masa bakti saat ini, serta menjadi speed motivasi bagi cabang olahraga mempersiapkan atlet dengan sebaik-baiknya.

"Pemprov Sumbar belum menetapkan secara final tuan rumah bersama. Ada 6 dari kota dan 3 dari kabupaten yang telah bersedia. Mentawai mudah mudahan bisa menjadi tuan rumah ke 10. Oleh karena itu KONI mentawai harus bergerak cepat dengan mengirimkan surat kepada KONI dan Pemprov Sumbar," saran Ale

Anggota Komisi III DPRD Mentawai Bidng Ekonomi, Olahraga, Pariwisata Fernando Sabajou mensuport penuh niat baik KONI Mentawai.

Fernando menambahkan, karena Porprov ini sifatnya tuan rumah dengan penyelenggaraan yang besar, tidak hanya KONI saja yang bekerja sendirian, pemerintah daerah dan DPRD juga akan suport penuh, baik moril ataupun materil

"Adanya permintaan tuan rumah bersama, sudah saatnya Mentawai menjadi tuan rumah. Tahap demi tahap kita pasti akan memulai.
Walaupun dengan kondisi daerah dan fasilitas yang dimiliki, beberapa cabang olahraga bisa kita laksanakan," jelasnya.

Untuk itu dikatakan Fernando, masih ada kesempatan untuk penganggaran Porprov 2020 . Mengingat APBD Mentawai belum dibahas, sehingga nantinya akan didiskusikan TAPD dan Tim Banggar.

"Karena ini baru pertama kali diadakan, masalah teknis juga kita koordinasikan ke KONI dan Pemprov Sumbar. Yang penting kami mendukung penuh Porprov bersama bisa dilaksanakan di sini," tegasnya.(rel)

Baca Juga

Penulis: Rezka Delpiera