Ketua KONI Sumbar: Kita Tegas, Ada Perlakuan Khusus untuk Atlet Berprestasi

Atlet atletik Sumbar di Porwil 2019 Bengkulu
Atlet atletik Sumbar di Porwil 2019 Bengkulu (Rezka/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X 2019 Bengkulu resmi ditutup, Sabtu malam 9 November 2019. Sumbar finish di posisi 4 klasemen akhir perolehan medali dengan 23 emas, 30 perak dan 30 perunggu.

Ketua KONI Sumbar Syaiful mengatakan, dari total medali Sumbar, mayoritas disumbang cabor perorangan.

"Cabor perorangan jadi ladang medali kita, sedangkan cabor beregu masih belum maksimal. Kedepan, kita akan melakukan evaluasi khusus dan menyeluruh terhadap cabor beregu ini," kata Syaiful.

Baca Juga

KONI tidak bermaksud membedakan cabor. Namun katanya, cabor berprestasi tentu mendapatkan perlakukan berbeda. Untuk PON 2020 Papua, kata Syaiful, cabor perorangan dan cabor berprestasi lain akan melakukan persiapan khusus.

"Prestasi butuh anggaran besar. Dalam olahraga tidak bisa dibagi rata, kita harus paham itu. Untuk cabor perorangan, satu atlet bisa mengikuti lebih dari satu nomor dan itu berpotensi medali. Oleh karena itu kita tegas, kita diskriminasi untuk atlet berprestasi," tegas Syaiful.

Di Porwil 2019, Sumbar yang bertahan di posisi kedua perolehan medali sejak hari pertama, disalip Sumatera Utara dan Bengkulu di hari terakhir. Sumut dan Bengkulu meraih lebih dari delapan medali emas. Sedangkan Sumbar hanya menambah 2 medali lewat catur dan Tinju di hari terakhir.

Syaiful mengungkapkan kekecewaannya disalip Sumut dan Bengkulu. Jika saja Sumbar berhasil finis kedua, itu akan menjadi prestasi terbaik Sumbar sejak 7 edisi terakhir Porwil Sumatera.

Namun begitu, Syaiful memastikan duta olahraga Sumbar tetap pulang ke Ranah Minang dengan kepala tegak. Meski dengan anggaran terbatas, Sumbar tetap mecatatkan prestasi terbaik dibanding Porwil 2015 Bangka Belitung.

"Secara peringkat kita sama dengan Porwil 2015 Babel. Tapi perolehan medali kita meningkat. Di Babel kita finish keempat dengan raihan 20 emas, 20 perak dan 28 perunggu. Porwil Bengkulu kita 23 emas, 30 perak dan 30 perunggu," jelas Syaiful.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Sumbar Bustavidia mengapresiasi capaian duta olahraga Sumbar di Porwil Bengkulu.

"Ini suatu kebanggaan bagi Sumbar," katanya.

Kedepan, Bustavidia berharap, KONI dan Dispora Sumbar bisa sejalan demi kemajuan olahraga Sumbar. Tidak ada konflik yang bisa merugikan altet.

"KONI dan Dispora itu satu. Jangan ada lagi gesekan yang dimanfaatkan oknum tertentu yang bisa memecah belah. Ini menyangkut prestasi atlet," ujarnya.

Untuk masalah anggaran PON 2020, pihaknya akan bicarakan dengan TAPD. "Bonus Porwil anggarannya sudah ada. Nanti dibahas dulu mengenai nominalnya," pungkas Bustavidia.

Klasemen akhir perolehan medali Porwil 2019 ( https://porwilsumatera2019.com )

Cabor penyumbang medali Sumbar di Porwil 2019

MEDALI EMAS

Panjat tebing = 2

Kempo = 2

Renang = 7

Atletik = 8

Muaythai = 2

Tinju = 1

Catur = 1

MEDALI PERAK

Kempo = 3

Billiar = 3

Panjat Tebing = 2

Atletik = 12

Renang = 8

Muaythai = 2

MEDALI PERUNGGU

Kempo = 2

Billiar = 2

Panjat Tebing = 2

Atletik = 10

Renang = 3

Muaythai = 4

Tinju = 5

Bulu Tangkis = 2

Penulis: Rezka Delpiera