Jesse Ewart Semakin Kokoh di Puncak Klasemen TdS 2019

"Selisih waktu Raileanu terpaut cukup jauh dari Ewart yaitu 1 menit 43 detik. Disusul Golakhour Mirsamad Pourseyedi dari Omidnia Marshhad Team dengan total waktu 31 jam 53 menit 21 detik."
Pebalap berdarah Australia yang memperkuat Sapura Cycling Team (Malaysia), Jesse Ewart (KLIKPOSITIF/ Halber)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Setelah menyelesaikan etape VIII dengan panjang lintasan 212.9 kilometer dari kota Sungai Penuh, Jambi menuju kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Sabtu 9 November 2019, pebalap berdarah Australia yang memperkuat Sapura Cycling Team (Malaysia), Jesse Ewart, punya kesempatan semakin besar menyegel gelar juara umum ivent sport tourism Tour de Singkarak (TdS) ke 11 untuk kategori Individual General Classification By Time.

Meski pada etape VIII ia hanya mampu finish diurutan ketiga, namun posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara, semakin kokoh. Total catatan waktu yang berhasil ia bukukan sejak etape I sebanyak 31 jam 49 menit 18 detik.

Sementara rekan satu timnya, Cristian Raileanu yang pada etape sebelumnya hanya terpaut 6 detik, semakin tertinggal.

Selisih waktu Raileanu terpaut cukup jauh dari Ewart yaitu 1 menit 43 detik. Disusul Golakhour Mirsamad Pourseyedi dari Omidnia Marshhad Team dengan total waktu 31 jam 53 menit 21 detik.

Podium juara umum baginya tinggal selangkah lagi. Ia hanya perlu menjaga ritme balapan dan catatan waktu pada etape terakhir yang akan dilaksanakan besok, Minggu 10 November 2019. Jika tetap konsisten, maka ia akan mengukuhkan dirinya sebagai juara umum Tour de Singkarak 2019.

Selain mengunci semakin dekat menjadi juara umum, ia kembali membuktikan dirinya sebagai pebalap tercepat untuk ketegori Best Sprinter's Classification dengan total 76 poin. Disusul Novardianto Jamalidin dengan 51 poin diurutan kedua dan Cristian Raileanu dengan 47 poin.

"Rute ini cukup menantang. Tapi indah. Saya tetap akan mempertahankan Yellow Jersey. Saya lega karena sudah delapan etape yang dilewati," ujar Jesse Ewart, dalam konfrensi pers di Painan, Pesisir Selatan. [Halbert Caniago]