Pebalap Indonesia Juarai Etape VIII TdS 2019

"Pebalap yang lahir dari daerah Pesisir Selatan itu menaklukkan etape dengan jarak 212,9 kilometer dari Kota Sungai Penuh Jambi menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat."
Pebalap Tim PGN Jamalidin Novardianto berhasil memenangkan etape VIII Tour de Singkarak (KLIKPOSITIF/ Halber)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Pebalap Tim PGN Jamalidin Novardianto berhasil memenangkan etape VIII Tour de Singkarak yang dilaksanakan pada Sabtu 9 November 2019.

Pebalap yang lahir dari daerah Pesisir Selatan itu menaklukkan etape dengan jarak 212,9 kilometer dari Kota Sungai Penuh Jambi menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Ia menaklukkan jarak tersebut dengan catatan waktu tempuh 5 jam 04 menit 46 detik dan keluar sebagai pemenang etape terjauh kedua itu.

Sementara pada urutan finish kedua dimenangkan oleh Rustom Lim dsri tim 7eleven Cliqq Air21 by Roadbike Philippines dengan catatan waktu sama dengannya.

Pada posisi tiga ditempati pebalap Jesse Ewart dari tim Sapura Malaysia yang mencatatkan waktu tempuh 5 jam 05 menit 56 detik.

Adu kecepatan sengit terjadi pada 35 meter terakhir antara tiga pebalap tersebut dan Jamalidin berhasil memenangkan pertarungan pada tiga meter terakhir,

Etape kali ini memiliki lintasan yang sangat panjang, tetapi kondisi jalan dari Sungai Penuh menuju Pesisir Selatan adalah yang terbaik hingga etape VIII.

Bahkan selepas perbatasan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di Pesisir Selatan, kondisi jalan amat mulus tanpa cela sehingga pembalap bisa memacu sepeda.

Sambutan masyarakat Pesisir Selatan juga luar biasa. Ruang Terbuka Hijau Painan yang menjadi lokasi finish dipenuhi ribuan masyarakat sejak siang.

Etape VIII adalah etape pertama yang melintasi dua provinsi sekaligus yaitu Sumbar dan Jambi. Itu menjadi yang pertama dalam 11 kali pelaksanaan Tour de Singkarak sejak 2009. [Halbert Caniago]